Memakmurkan Masjid Bisa Membawa Kita ke Surga

- 22 Januari 2021, 05:00 WIB
Memakmurkan Masjid Bisa Membawa Kita ke Surga /
Memakmurkan Masjid Bisa Membawa Kita ke Surga / /Pixabay/

BAGIKAN BERITA - Masjid adalah tempat yang paling baik di muka bumi. Masjid adalah rumah Allah SWT, tempat yang sangat mulia dan sangat utama untuk kegiatan ibadah umat Islam.
Karena itulah, Allah SWT, begitu sangat mencintai masjid dan orang orang yang berjalan menuju masjid untuk beribadah.

Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, Maka merekalah orang-orang yang diharapkan Termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk”. (Q.S. Al-Taubah :18).

Masjid secara bahasa berarti tempat yang digunakan untuk sujud. Pengertian tersebut dipakai untuk pengertian sebuah bangunan yang didirikan untuk tempat berkumpul kaum Muslim guna mengerjakan sholat.

Baca Juga: Kang Daniel jebolan 'Produce 101' Siap Comeback pada Februari 2021

Lalu, arti masjid dikhususkan sebagai tempat yang disediakan untuk mengerjakan sholat lima waktu, sehingga tanah lapang yang biasa digunakan untuk melaksanakan sholat Id dan lainnya tidak disebut masjid.

Masjid dalam pengertian syariah merupakan tempat yang disediakan untuk mengerjakan sholat lima waktu untuk selamanya.

Pengertian masjid mengalami perluasan fungsi sesuai dengan akar kata masjid itu sendiri; sajada-sujud yang mengandung makna tunduk dan patuh.

Baca Juga: Waduh, Pelaku Pelecehan Seksual Kepada Istri Isa Bajaj Telah 2 Kali Beraksi

Maka, hakikat masjid adalah tempat melakukan segala aktivitas yang mengandung kepatuhan kepada Allah semata.

Atau, bisa dikatakan masjid adalah rumah Allah SWT, tempat yang sangat mulia dan sangat utama untuk kegiatan ibadah umat Islam, seperti sholat, berdzikir, bersalawat, dan majelis ta’lim.

Halaman:

Editor: Ali Bakti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x