Direktur Pusako Universitas Andalas Feri Amsari: Tes Wawasan Pegawai KPK Janggal dan Mengada-ada

- 5 Mei 2021, 09:37 WIB
Direktur Pusako Universitas Andalas Feri Masari: Tes Wawasan Pegawai KPK Janggal dan Mengada-ada
Direktur Pusako Universitas Andalas Feri Masari: Tes Wawasan Pegawai KPK Janggal dan Mengada-ada /kpk.go.id

BAGIKAN BERITA-Tes wawasan kebangsaan terhadap pegawai KPK dinilai janggal dan Mengada-ada oleh Direktur Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Universitas Andalas Feri Amsari.

"Tes berisi hal yang janggal dan mengada-ada," kata Feri Amsari dalam keterangannya terkait pertanyaan dalam tes wawasan kebangsaan terhadap pegawai KPK yang dinilai janggal.

Menurut Feri Amsari sebagai contoh pertanyaan tes wawasan kebangsaan terhadap pegawai KPK kata dia, pertanyaan terkait dengan Front Pembela Islam (FPI) dan pendapat pegawai terhadap program pemerintah.

Baca Juga: Duka Melanda Penerbangan, Kecelakaan Pesawat Kenya Airways, 114 Orang Tewaskan pada 5 Mei 2007

"Padahal pegawai tidak boleh secara etis berurusan dengan perdebatan politik dan mereka tidak boleh menunjukkan dukungan atau tidak dukungan terhadap program-program pemerintah karena bisa saja program itu terkait kasus korupsi," ujar dia.

Lebih lanjut Feri Amsari mengatakan tes tersebut tidak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi karena tidak terdapat ketentuan mengenai tes alih status.

"Keinginan tes lebih banyak dari kehendak Pimpinan KPK melalui peraturan komisi sehingga secara administrasi bermasalah," katanya.

Baca Juga: Jadwal Acara TV Trans 7 Rabu 5 Mei 2021: Saksikan Mata Najwa: Putar Balik Mudik, Opera Van Java

Seperti diketahui, beredar informasi bahwa puluhan pegawai KPK tidak lolos tes wawasan kebangsaan, termasuk penyidik senior KPK Novel Baswedan dan kepala satuan tugas (kasatgas) lainnya.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x