Untuk Melindungi Warganya dari Corona, Pemerintah Melalui Kemenag Resmi Batalkan Jamaah Haji pada Tahun Ini

- 3 Juni 2021, 15:12 WIB
Untuk Melindungi Warganya dari Corona, Pemerintah  Melalui Kemenag Resmi Batalkan Jamaah Haji  pada Tahun Ini
Untuk Melindungi Warganya dari Corona, Pemerintah Melalui Kemenag Resmi Batalkan Jamaah Haji pada Tahun Ini /pixabay/

BAGIKAN BERITA - Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) sebagai perwakilan dari pemerintah, akhirnya memutuskan membatalkan atau tidak memberangkatkan jamaah haji pada tahun ini (1442 Hijriah atau 2021 Masehi).

Berita pembatalan pemberangkatan jamaah haji ini, langsung diumumkan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers pada Kamis, 3 Juni 2020 siang WIB.

Pada kesempatan itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membacakan pembatalan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Pemberangkatan Jemaah Haji Tahun 1442 Hijriah atau 2021 Masehi.

Baca Juga: Hasil Polling Sementara LIDA 2021 Babak Show Top 16 Besar Grup 4, Nursia Maluku Utara Posisi Terendah

"Karena masih pandemi dan demi keselamatan jamaah, pemerintah memutuskan bahwa tahun ini tidak memberangkatkan kembali jamaah haji Indonesia," ujar Yaqut Cholil Qoumas seperti dilansir ANTARA.

Keputusan pembatalan keberangkatan jemaah haji ini diambil setelah melalui dialog panjang dengan Komisi VIII DPR, alim ulama, ormas Islam.

Bahkan sebelumnya, Kemenag telah melakukan persiapan penyelenggaraan haji sejak 24 Desember 2020 dengan membentuk tim krisis haji di tengah pandemi COVID-19.

Baca Juga: Jadwal Acara RCTI Kamis 3 Juni 2021: Saksikan Ikatan Cinta, Putri Untuk Pangeran, Road To Euro, Preman Pensiun

Selain itu, alasan lainnya tidak memberangkatkan haji karena pihak Arab Saudi hingga saat ini tak kunjung membuka akses haji bagi jamaah luar negeri termasuk Indonesia.

Akibatnya pemerintah tidak punya cukup waktu untuk menyiapkan pelayanan dan perlindungan bagi jamaah.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x