Inilah Lafal Niat Puasa Asyura 10 Muharram, Kamis 19 Agustus 2021, Berikut Keutamaan Puasa Sunnah Asyura

- 18 Agustus 2021, 22:03 WIB
Ilustrasi Puasa Asyura.
Ilustrasi Puasa Asyura. /Pixabay

BAGIKAN BERITA - Besok, dalam penanggalan tahun Hijriyah adalah Hari Asyura yang merupakan tanggal 10 Muharram. 

Hari Asyura memiliki banyak sejarah dalam agama Islam. Di tanggal 10 Muharram, berbagai sejarah tercipta, salah satunya selamatnya Nabi Nuh dalam banjir besar, keluarnya Nabi Ibrahim dalam kobaran abi dan lainnya. 

Melansir NU Online, Rasulullah SAW sendiri dalam riwayat Muslim mengatakan bahwa ia akan menunaikan puasa tasu’a atau Asyura sekiranya ada umur pada tahun mendatang.

Baca Juga: Pengertian Jahiliyah Modern dan 4 Cara Mengatasinya

Artinya, “Dari Abdullah bin Abbas RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Kalau sekiranya aku hidup hingga tahun depan, niscaya aku kan puasa pada hari Sembilan (Muharram)’ pada riwayat Abu Bakar ia berkata, yakni ‘pada hari sepuluh (Muharam),’" (HR Muslim). 

Dalam konteks puasa sunah Asyura (10 Muharram), ulama berbeda pendapat perihal ta‘yin (penyebutan nama ibadahnya). Sebagian ulama menyatakan bahwa seseorang harus mengingat ‘puasa sunah Asyura saat niat di dalam batinnya. 

Sebagian ulama lain menyatakan bahwa tidak wajib ta’yin. Hal ini dijelaskan oleh Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami sebagai berikut: 

Baca Juga: 4 Langkah Cepat Cara Cek Banpres BPUM atau BLT UMKM 2021 Rp1,2 juta di eform.bri.co.id dan banpresbpum.id

 “Perkataan ‘Tetapi mencari…’ merupakan ungkapan yang digunakan di Mughni, Nihayah, dan Asna. Bila ditanya, Imam An-Nawawi berkata di Al-Majmu‘, ‘Ini yang disebutkan secara mutlak oleh ulama Syafi’iyyah. Semestinya disyaratkan ta’yin (penyebutan nama puasa di niat) dalam puasa rawatib seperti puasa ‘Arafah, puasa Asyura, puasa bidh (13,14, 15 setiap bulan Hijriyah), dan puasa enam hari Syawwal seperti ta’yin dalam shalat rawatib’. Jawabnya, puasa pada hari-hari tersebut sudah diatur berdasarkan waktunya. 

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: NU Online


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x