Catat, Besok 10 Muharram Disunnahkan Berpuasa Hari Asyura, Inilah Penjelasan Keutamaan Puasa Asyura

- 18 Agustus 2021, 07:15 WIB
ilustrasi Puasa.
ilustrasi Puasa. /Freepik.com/8photo/

 

BAGIKAN BERITA – Pada 10 Muharram, umat Islam di seluruh dunia memperingati Hari Asyura. Di mana, hari ini merupakan hari bersejarah selamatnya Nabi Nuh AS.

10 Muharram bertepatan dengan hari Kamis, 19 Agustus 2021. Pada hari 10 Muharram, Nabi Nuh beserta umatnya selamat dari banjir besar dalam sebuah kapal.

Ada beberapa Sunnah yang bisa dikerjakan oleh umat muslim dalam memperingati hari Asyura 10 Muharram. Salah satunya dengan berpuasa Sunnah.

Baca Juga: Hasil Polling Akhir LIDA 2021 Babak Result Show Top 4 Besar, Faisal Kalimantan Tengah Gagal Melaju Grand Final

Bulan Muharram juga masuk ke dalam' Asyhurul Hurum ', empat bulan suci yang dtetapkan Allah SWT.

Di bulan ini, kita dianjurkan untuk meningkatkan amal baik kita seperti lebih banyak bersedekah, memperbanyak shalat sunnah dan sering membaca Al-Qur'an.

Di bulan ini juga ada puasa yang disyariatkan oleh Rasulullah SAW yang disebut puasa Asyura yakni pada tanggal 10 muharram 1443 H atau jatuh pada 19 Agustus 2021.

Menurut sebuah riwayat yang diriwayatkan oleh Aisyah ra, istri Nabi Muhammad SAW, adalah merupakan tradisi zamam jahiliyah atau pra-Islam dimana kaum Quraisy dan orang-orang Mekah untuk berpuasa pada hari ke 10 Muharram.

Nabi Muhammad SAW juga mengamatinya. Namun, ketika hijrah ke Madinah, Nabi SAW menemukan bahwa sekelompok 'Ahli Kitab' juga berpuasa pada hari yang sama.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: DeskJabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x