6 Tips Praktis Melatih Anak Puasa di Bulan Ramadhan, Nomor 3 yang Paling Penting

- 26 Maret 2022, 19:04 WIB
Ilustrasi, anak-anak muslim sedang berpuasa
Ilustrasi, anak-anak muslim sedang berpuasa /Pixabay.com/WikiImages/

BAGIKAN BERITA - Inilah 6 trik praktis melatih anak puasa di bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba, Nomor 3 yang paling penting.

Ibadah puasa di bulan Ramadhan pada tahun ini rencananya akan jatuh pada 2 April 20222, bulan yang penuh berkah ini bagi orang dewasa yang tidak percaya akan memberatkan. Namun berbeda jika dialami oleh anak-anak, mereka akan terbebani dan merasa berat untuk melaksanakannya.

Oleh karena itu, orangtua dalam hal ini sangat besar sekali, orangtua wajib mengajarkan anak-anak kita untuk berlatih melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Baca Juga: Rahasia Allah SWT Belum Mengabulkan Doa Kita, Ini Penjelasannya

Berikut ini 6 tips praktis mengajarkan Anak puasa di bulan Ramadhan yang telah dirangkum oleh redaksi Bagian Berita.com dari berbagai sumber.

1. Berilah motivasi dengan menjelaskan kepada anak makna, manfaat, fungsi dan puasa, sehingga anak dapat melaksanakan puasa dengan sukarela tanpa paksaan mengaktifkan.

Orang tua juga harus menjelaskan makna puasa menahan lapar yang berguna untuk menahan emosi dan hal ini sangat berguna bagi anak yang temperamennya sulit dikendalikan.

Baca Juga: Inilah 6 Dosa Syirik yang Bisa Menimbulkan Dosa Besar, Salah Satunya Dapat Menghapus Seluruh Amal Ibadah

2. Dalam mendidik anak untuk mandi harus dengan cara menyenangkan, ajaklah dengan kata-kata positif, tidak terkesan menyuruh jangan membuat anak merasa terpaksa melakukannya.

3. Menciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak untuk melakukan ibadah puasa, dimulai dari ayah dan ibunya, kakak, adik dan anggota keluarga lainnya.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x