Innalillahi, Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas dan Api, Warga Harus Waspada

- 2 Maret 2021, 10:04 WIB
Gunung Merapi mengeluarkan guguran awan panas pada Selasa, 2 Maret 2021*/
Gunung Merapi mengeluarkan guguran awan panas pada Selasa, 2 Maret 2021*/ /Twitter @BPPTKG/

BAGIKAN BERITA - Gunung Merapi di Jawa Tengah pagi ini kembali mengeluarkan guguran awan panas pada Selasa, 2 Maret 2021.

Guguran awan panas Gunung Merapi bahkan terjadi sebanyak dua kali pagi ini.

Dikutip Bagikanberita.com dari akun resmi Twitter Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi @BPPTKG, guguran awan panas Gunung Merapi pertama terjadi pada pukul 05.11 WIB, dengan amplitudo 60 mm dan durasi 171 detik, estimasi jarak luncur 1.900 m ke arah Barat Daya.

Baca Juga: Innalillahi! Gempa Bumi Guncang Wilayah Bengkulu, Berkekuatan 5.1 skala Richter, Warga Harus Waspada 

Sementara itu guguran awan panas kedua terjadi pada pukul 05.29 WIB, dengan amplitudo 40 mm dan durasi 90 detik, estimasi jarak luncur 1.200 m ke arah Barat Daya.

Pada malam hari sebelumnya, 1 Maret 2021 pukul 21.06 WIB, guguran awan panas di seismogram tercatat kekuatan amplitudo 66 mm dan durasi 30 detik, estimasi jarak luncur 1.500 m ke arah Barat Daya.

Dalam rekaman video yang di unggah tampak guguran awan panas disertai api terlihat meluncur dari atas Gunung Merapi menuju ke kaki gunung.

Baca Juga: Innalillahi! Gempa Bumi Getarkan Sulawesi Tengah Tadi Pagi, Berpusat di Darat

Hingga berita ini diturunkan belum ada informasi mengenai kerugian yang disebabkan dari guguran awan panas Gunung Merapi tersebut.

Halaman:

Editor: Yusuf Ariyanto

Sumber: Twitter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x