Waspada! Ancaman Erupsi Gunung Merapi Berpotensi Banjir Lahar

- 14 November 2020, 08:52 WIB
Kondisi Gunung Merapi dari kamera pengamatan BPPTKG kamera Pasar Bubar. /merapi.bgl.esdm.go.id

BAGIKAN BERITA - Status Gunung Merapi kini ditingkatkan menjadi level waspada. 

Memasuki musim penghujan dengan intensitas tinggi di Bulan Desember, Januari dan Februari, Gunung Merapi berpotensi menyemburkan lahar. 

"Lahar hujan menjadi yang diperhitungkan tahun ini. Dapat info dari BMKG kita masuk ke la nina, artinya musim hujan 40 persen lebih banyak dibanding sebelumnya. Desember, Januari, Februari, dipertimbangkan banjir lahar," ujar Deputi Bidang Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Lilik Kurniawan saat konferensi pers secara virtual, Jumat 13 November 2020. 

Baca Juga: Lagi-lagi, Suga Bocorkan Kembali Proyek Album BE, Bikin ARMY Semakin Penasaran

Pemantauan dengan pemasangan CCTV di beberapa titik sungai menjadi upaya antisipasi penanggulangan.

"Dan bagaimana rencana kontijensi yang ada di Jogja terkait banjir lahar ini. Ini yang kita mainkan dan sosialisasikan. Tahun ini ada 3 antisipasi erupsi merapi, pandemi covid-19, la nina," ucapnya. 

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida mengatakan, jika terjadi lontaran saat erupsi, diperkirakan dapat menjangkau jarak lontaran terjauh hingga 5 km.

Baca Juga: Mohamed Salah Positif Covid-19, Liverpool Krisis Pemain

"Potensi yang ada saat ini kalau ada eksplosif, ada lontaran awan panas, jarak maksimal 5 KM itu untuk data aktivitas saat ini dan potensinya," kata dia dikutip Bagikan Berita dari RRI. 

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: RRI


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X