Cara Mudah dan Praktis Ajukan Pinjaman hingga Rp50 Juta di KUR BRI 2022 untuk Usaha Mikro Bunga 3 Persen

- 18 Januari 2022, 18:45 WIB
KUR BRI 2022 berikan kesempatan pinjaman modal usaha hingga Rp50 juta untuk UMKM yang memenuhi syarat
KUR BRI 2022 berikan kesempatan pinjaman modal usaha hingga Rp50 juta untuk UMKM yang memenuhi syarat /Twitter @BANKBRI_ID/
BAGIKAN BERITA - Update terbaru Kredit Usaha Rakyat di bank BRI tahun 2022 untuk pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) biaa ajukan pinjaman.
 
Cara praktis ajukan pinjaman KUR BRI Mikro hingga Rp50 juta dengan suku bunga rendah berada di 3 persen berkat subsidi pemerintah.
 
Pemerintah juga tambahkan limit pinjaman hingga dua kali lipat untuk KUR Mikro, solusi aman dan jelas untuk UMKM keluar dari solusi kendala pembiayaan modal.
 
 
Bank Rakyat Indonesia atau BRI jadi salah satu lembaga keuangan Himbara (Himpunan Bank Negara) yang salurkan program KUR.
 
Dilansir dari AntaraNews pada Sabtu 15 Januari 2022, bank BRI mendapatkan alkasi sebesar Rp260 triliun untuk program KUR di tahun 2022.
 
"BRI sebagai bank dengan portofolio UMKM terbesar ini optimis akan dapat mencapai target KUR 2022 hingga akhir tahun," ungkap Wakil Direktur Utama BRI, Catur Budi Harto pada keterangan resmi hari Sabtu.
 
Alokasi sebesar Rp260 triliun untuk KUR yang didapat oleh bank BRI merupakan 70 persen dari total KUR nasional yang akan dikucurkan untuk tahun 2022.
 
 
Bank BRI juga menawarkan program KUR Mikro dengan limit pinjaman sebesar Rp50 juta dengan suku bunga 6 persen.
 
Terlebih dengan kebijakan baru, pemerintah menaikkan limit pinjaman untuk KUR Mikro berada di Rp100 juta, dua kali lipat dari limit awal KUR Mikro.
 
Kemudian subsidi suku bunga KUR sebesar 3 persen juga masih pemerintah berikan berlaku hingga Juni 2022.
 
KUR BRI cara daftarnya praktis dan mudah dengan secara online, manfaatkan gadget dan internet serta persiapkan syarat untuk mengajukan pinjamannya.
 
 
KUR BRI memiliki jangka waktu fleksibel dengan mulai dari 12, 18, dan 24 bulan.
 
Prosesnya mudah dan cepat, daftar segera KUR BRI terbebas dari biaya administrasi dan juga provisi.
 
Tanpa harus antri ke kantor cabang dan lebih efisien daftarnya, berikut syarat yang perlu disimak calon debitur KUR BRI 2022.
 
1. Debitur individu atau perorangan
 
2. Mempunyai usaha yang telah berjalan minimal 6 (enam) bulan lamanya
 
3. Menjalankan usaha di salah satu platform e-commerce (misalnya Shopee, Tokopedia dll) dan/atau di penyedia ride hailing (Grab atau Gojek)
 
4. Tidak sedang dalam menerima program kredit perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit
 
5. Persyaratan administrasi terdiri dari data Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha (dapat berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh pihak dari e-commerce atau ride hailing)
 
 
Disamping itu, pihak bank BRI juga telah merangkai berbagai macam strategi untuk bisa penuhi target saluran KUR 2022.
 
"Selama ini BRI terus menjalankan strategi untuk mewujudkan business process yang optimal dan efisien. Keduanya terbukti berhasil mendukung upaya BRI dalam menyalurkan kredit di segmen mikro, termasuk KUR," ungkap Catur Budi Harto.
 
Hingga akhir Desember 2021, bank BRI telah berhasil berikan saluran KUR sebesar Rp149,9 triliun pada 6,5 juta debitur KUR.
 
"Jumlah tersebut mencapai 99,65 persen dari kuota KUR yang ditetapkan oleh pemerintah dan dialokasikan kepada BRI tahun 2021, yakni sebesar Rp195,95 triliun," ujar Catur.
 
Dengan memanfaatkan era digitalisasi dan informasi, saluran kredit pinajaman KUR BRI semakin efisien dan dinilai tepat sasaran di era saat ini.
 
Cukup daftar secara online kunjungi situs resmi KUR BRI, berikut cara daftar menjadi debitur dan ajukan pinjaman secara online.
 
1. Kunjungi situs resmi www.kur.bri.co.id
 
2. Pilih menu Ajukan Pinjaman program KUR
 
3. Kemudian Login dengan memasukkan email dan kata sandi jika telah memiliki akun, atau pilih menu "Daftar" jika belum memiliki akun
 
4. Selanjutnya akan muncul halaman Syarat dan Ketentuan, baca dengan Seksama pernyataan yang diberikan lalu pilih atau klik menu Setuju
 
5. Lalu isi formulir untuk pengajuan daftar KUR BRI secara online, mulai dari profil/biodata, alamat sesuai KTP dan domisili, profil usaha, dan informasi lainnya secara Seksama dan Benar
 
6. Unggahan dokumen syarat seperti KTP, surat keterangan usaha, dan dokumen lainnya
 
7. Selanjutnya isi data pengajuan dan jangka waktu pinjaman KUR BRI dan klik Ajukan
 
8. Kemudian akan muncul halaman pengajuan serta informasi terkait proses pinjaman yang diajukan
 
Bank BRI juga berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam memajukan UMKM sekaligus memulihkan keadaan ekonomi nasional akibat dampak yang disebabkan pandemi covid-19.
 
Selain itu, calon debitur juga perlu simak disclaimer atau peringatan terkait KUR BRI, berikut diantaranya.
 
1. Data dan informasi yang saya berikan dalam pengajuan ini adalah sesuai keadaaan yang sebenar-benarnya.
 
2. Saya menyetujui bahwa PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk, selanjutnya disebut Bank, berwenang untuk:
 
3. Memeriksa kebenaran data yang saya sampaikan dalam pengajuan ini.
 
4. Mencari dan memperoleh keterangan dan referensi dari sumber manapun dengan cara yang dianggap sah oleh Bank.
 
5. Menyetujui atau menolak pengajuan pinjaman saya berdasarkan analisa Bank.
 
6. Tidak mengembalikan seluruh dokumen yang telah saya serahkan kepada Bank.
 
7. Memberikan secara terbatas dan/atau tidak terbatas data yang telah saya sampaikan dalam pengajuan ini kepada pihak ketiga dalam rangka kepentingan pemrosesan pengajuan pinjaman.
 
8. Saya memahami bahwa sehubungan dengan pengajuan KUR ini BRI dapat bekerjasama dengan penyedia teknologi marketplace untuk melakukan verifikasi atas kebenaran data dan/atau dalam rangka proses verifikasi pinjaman yang diperlukan.
 
9. Saya menyetujui pihak penyedia teknologi marketplace untuk memberikan data profil transaksi dan toko online saya kepada BRI dalam rangka proses pengajuan pinjaman saya.
 
10. Saya memahami dan mengerti bahwa Bank tidak berkewajiban untuk memberikan fasilitas kredit kepada saya hingga saya memenuhi semua persyaratan yang berlaku pada Bank dan telah menandatangani dokumen yang diperlukan Bank dalam pemberian kredit.
 
11. Apabila ternyata data dan informasi, serta pernyataan yang saya berikan/buat tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, maka segala risiko dan konsekuensi yang diakibatkannya menjadi sepenuhnya tanggung jawab saya.
 
Tidak kalah penting untuk diketahui, biasanya penyaluran dana KUR yang diajukan tidak serta merta disalurkan hingga limit pinjaman maksimal melainkan secara bertahap penawarannya.
 
Untuk informasi lebih lanjut terkait KUR BRI 2022 dapat melalui kontak resmi bank BRI atau secara langsung kunjungi kantor cabang bank BRI terdekat.
 
Penyaluran KUR BRI alami peningkatan per Desember 2020 yang berada di Rp138,5 triliun alami kenaikan sebesar 40,7 persen yoy (year on year) di tahun 2021.
 
Hingga Desember 2021, jumlah debitur baru KUR Mikro mencapai 61 persen dari total debitur, kemudian debitur KUR Super Mikro mencapai 97,6 persen nasabah baru.
 
Berdasarkan jumlah tersebut menjadi bukti keberhasilan bank BRI dalam menyalurkan KUR dan Program Revitalisasi Mantri yang lebih efektif melalui pelayanannya.
 
 
BRI juga terus berupaya untuk bisa perluas daya cakup serta potensi untuk sejumlah wilayah kerja yang belum sempat tergarap sejauh ini.
 
Persebaran jangkauan KUR BRI semakin meningkat, 5,4 dari 100 orang mendapat akses KUR BRI di 2019, tahun 2021 alami peningkatan rata-rata menjadi 8,7 dari 100 yang mendapatkan akses KUR BRI.
 
Dari penyaluran untuk segi sektor ekonomi, bank BRI telah salurkan pada sejumlah sektor mulai dari sektor produksi 56,16 persen disalurkan.
 
Kemudian sektor industri pengolahan sebesar Rp19,5 triliun, sektor pertanian Rp61,1 triliun, dan terbesar berada di sektor perdagangan yang mencapai Rp85,4 triliun.
 
Untuk kedepannya bank BRI terus fokus pada segmen Mikro sebagai core utama pinjaman KUR.
 
"Dengan menyalurkan kredit ke sektor produktif, upaya tersebut diharapkan dapat memperkuat pemulihan ekonomi nasional," ujar Catur.
 
 
Sementara itu di sisi lain, dikutip dari Antara News Senin 17 Januari 2022, Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani ungkap bank BRI berikan dukungan melalui sosialisasi Program Pengungkapan Sukarela (PPS).
 
"Melalui sosialisasi ini, BRI turut mendukung pemerintah dalam memulihkan ekonomi negeribdan meningkatkan pendapatan negara," ujarnya.
 
"Selain itu, upaya ini juga sekaligus meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak di Indonesia," tambah Handayani.
 
Bank BRI berkomitmen akan terus membantu pemerintah sebagai agen pembangunan dan mendukung kebijakan dari pemerintah.
 
 
PPS sendiri adalah suatu program inisiasi dari Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang berikan peluang pada masyarakat atau WP (Wajib Pajak) yang dimiliki.
 
Kemenkeu berikan peluang masyarakat untuk memberikan laporan terkait aset atau harta yang belum dilaporkan dengan mandiri ke https://pajak.go.id/pps hingga ditutup 30 Juni 2022.***

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x