Pandemi COVID-19 Hantam Sektor Properti, Penjualan Hunian Terus Menurun

- 12 Agustus 2020, 13:36 WIB
Sektor Properti masih lesu akibat terdampak Pamdemi COVID-19.
Sektor Properti masih lesu akibat terdampak Pamdemi COVID-19. /Doc. BTN Properti/

BAGIKAN BERITA – Bank Indonesia (BI) mencatat penjualan properti terus mengalami penurunan.

Penurunan penjualan ini serentak terjadi pada semua tipe rumah baik tipe rumah menengah, rumah tipe besar, dan rumah tipe kecil.

Terhambatnya pertumbuhan penjualan properti residensial disebabkan beberapa faktor terutama adanya pandemi Covid-19, penerapan PSBB, serta suku bunga KPR.

Baca Juga: Lagi Diluar Rumah Mau Nonton RCTI, Ini Link Live Streaming TV RCTI Hari Ini 12 Agustus 2020

Dalam siaran pers yang diterima Bagikan Berita, BI mencatat terjadi kontraksi pada penjualan sebesar -26,60% (yoy) sedikit membaik dari kontraksi -43,19% (yoy) pada triwulan sebelumnya. Namun, masih lebih dalam dari kontraksi -15,79% (yoy) pada triwulan I-2019.

”Untuk suku bunga KPR, meskipun rata-rata suku bunga KPR triwulan II-2020 sebesar 8,92% turun dibandingkan 9,12%, namun masih dirasa cukup tinggi bagi konsumen terutama untuk rumah tpe kecil dan menengah,” demikian hasil survei yang diterbitkan BI pada Rabu 12 Agustus 2020.

Sementara itu, faktor lain yang dinilai masih menjadi penghambat antara lain proporsi uang muka yang tinggi dalam pengajuan KPR, masalah perizinan (birokrasi), dan kenaikan harga bahan bangunan.

Baca Juga: Waduh! Gedung Kantor Menkumham Ditutup Gara-gara Satu Pegawai Positif COVID-19

Tak hanya penjualan, tren harga penjualan properti residensial mengindikasikan berlanjutnya perlambatan. Hal ini tercermin dari kenaikan indeks harga properti residensial (IHPR) triwulan II-2020 sebesar 1,59% (yoy) lebih rendah dibandingkan 1,68% (yoy) pada triwulan sebelumnya.

Perkembangan ini disebabkan oleh perlambatan kenaikan harga pada properti residensial tipe kecil.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: Bank Indonesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x