Inilah Pulau Paling Berbahaya di Dunia

- 30 Januari 2021, 18:44 WIB
Snake Island atau Pulau Ular, julukan Ilha da Queimada Grande*/Joao Marcos Rosa/World Top Top
Snake Island atau Pulau Ular, julukan Ilha da Queimada Grande*/Joao Marcos Rosa/World Top Top /

BAGIKAN BERITA - Ilha da Queimada Grande, sebuah pulau yang terletak sekitar 30 kilometer di lepas pantai São Paulo yang ramai, tampak seperti tempat yang indah. Setidaknya pada pandangan pertama.

Pulau seluas 44 hektar ini dikelilingi lautan biru dan diisi bebatuan maupun hutan lebat. Hampir setiap orang Brazil tahu pulau itu, tetapi sebagian besar tidak akan pernah bermimpi untuk pergi ke sana. Mengapa?

Pemerintah Brazil melarang siapapun menginjakkan kaki kesana, kecuali para ilmuwan yang berlisensi itu pun dengan izin kunjungan yang ketat. 

Baca Juga: Sejarah Putri Duyung yang Melegenda

Pulau ini memang sangat berbahaya, karena dihuni begitu banyak ular berbisa, salah satunya adalah ular lancehead emas (Bothrops insularis), spesies ular viper yang racunnya diyakini paling mematikan di dunia. Pulau ini pun mendapat julukan mengerikan: Snake Island atau Pulau Ular.

Dalam cerita rakyat, dikisahkan dulunya para bajak laut sengaja melemparkan ular-ular berbisa ke pulau tersebut untuk melindungi emas dan barang berharga hasil jarahan mereka. Tentu saja ini dongeng belaka. 

Menurut Smithsonian, pulau ini sebenarnya berubah menjadi tempat hunian ular mematikan seperti sekarang sekitar 11.000 tahun lalu.

Baca Juga: UP DATE COVID-19 Sabtu 30 Januari 2021: Sudah 29.728 Orang Meninggal Dunia di Indonesia, Hati-Hati!

“Suatu waktu di masa lalu, permukaan laut naik cukup tinggi dan mengisolasi Ilha da Queimada Grande dari daratan utama Brazil, menyebabkan spesies ular yang hidup di pulau itu – yang diperkirakan kemungkinan besar adalah ular berbisa jararaca (Bothrops jararaca)- berevolusi dan menjadi spesies berbeda dari saudara-saudaranya di daratan utama.”

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x