Dorong Kesejahteraan Ekononomi Desa, Mahasiswa Unisa Bandung Bentuk Paguyuban UMKM

- 4 April 2024, 10:55 WIB
PJ Bupati Sumedang, Herman Suryatman Melakukan monitoring kegiatan PTMGRMD yang dilaksanakan oleh mahasiswa Unisa Bandung di Desa Conggeang Wetan, Selasa (28/03)
PJ Bupati Sumedang, Herman Suryatman Melakukan monitoring kegiatan PTMGRMD yang dilaksanakan oleh mahasiswa Unisa Bandung di Desa Conggeang Wetan, Selasa (28/03) /

BAGIKAN BERITA- Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan mengangkat potensi UMKM Lokal, Mahasiswa Universitas 'Aisyiyah (UNISA) Bandung  yang sedang melaksanakan program KKN Tematik "Perguruan Tinggi Mandiri Gotong Royong Membangun Desa (PTMGRMD)" berhasil membentuk Paguyuban UMKM Desa Conggeang wetan sebagai langkah untuk mendukung program one village one product (OVOP). 

Rizky, Mahasiswa Prodi Sarjana Perdagangan Internasional Unisa Bandung yang merupakan ketua Kelompok PTMRGMD Desa Conggeang Wetan mengatakan bahwa tujuan dibentuknya Paguyuban UMKM Desa Conggeang Wetan salah satunya untuk mewadahi dan melegalkan aktivitas UMKM tersebut. 

“Komunitas atau kelompok Paguyuban UMKM ini, bertujuan untuk mewadahi dan melegalkan aktivitas komunitas ini melalui SK Desa atas penunjukan kepengurusan kelompok Paguyuban UMKM di desa conggeang wetan yang didalamnya terdapat struktur ketua, wakil ketua, bendahara, sekretaris, dan anggota UMKM”. Terang Rizky, Kamis, (28/03/2024) 

Baca Juga: Siswi SMA Berasrama Darul Hikam Gelar Bakti Sosial di Panti Werdha pada Bulan Ramadhan

Adapun tujuan lainnya yaitu untuk memperkuat jaringan antar UMKM, meningkatkan kesejahteraan ekonomi, mendukung pengembangan dan pemasaran produk lokal, pemberdayaan UMKM serta keberlanjutan ekonomi.

 

Selain itu Rizky mengatakan bahwa timnya sedang melakukan pengembangan pemasaran digital untuk memasarkan hasil produk  UMKM Desa Conggeang wetan.

 

“Kami mahasiswa KKN juga sedang melakukan pengembangan pemasaran digital dengan membuat 1 toko di tiap platform seperti (Shope*e dan t*kopedia, ) yang diberi "Grosir paguyuban UMKM Desa Conggeang Wetan” yang didalamnya akan menjual produk UMKM desa conggeang wetan.”Ungkap Rizky, Kamis (28/03/2024). 

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x