Jawab Kontroversi Pembayaran UKT via Danacita, ITB Tegaskan Komitmen pada Keberlanjutan Pendidikan Mahasiswa

- 31 Januari 2024, 21:04 WIB
Direktur Keuangan ITB, Dr. Ir. Anas Ma'ruf, M.T. (kiri), Plh Sekretaris Institut, Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan dan Pengembangan, Prof. Ir. Muhamad Abduh, M.T, Ph.D. (tengah), Prof. Dr. Taufiq Hidajat, D.E.A. (kanan) saat Press Conference, Rabu 31 Januari 2024.
Direktur Keuangan ITB, Dr. Ir. Anas Ma'ruf, M.T. (kiri), Plh Sekretaris Institut, Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan dan Pengembangan, Prof. Ir. Muhamad Abduh, M.T, Ph.D. (tengah), Prof. Dr. Taufiq Hidajat, D.E.A. (kanan) saat Press Conference, Rabu 31 Januari 2024. /Ahmad Taofik/bagikanberita.pikiran-rakyat.com

BAGIKAN BERITA – Opsi pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) lewan pinjaman online (pinjol) Danacita yang dicanangkan Institut Teknologi Bandung (ITB) menuai kontrovesi.

ITB pun secara resmi memberikan klarifikasi dan keterangan pers terkait kontrovesi pembayaran UKT melalui Pinjol Danacita yang mendapatkan tanggapan negatif dari masyarakat terutama mahasiswa ITB.

ITB telah secara cermat mengikuti perkembangan diskusi yang terjadi di berbagai media mengenai kelangsungan studi mahasiswa ITB. Dalam rangka memberikan tanggapan resmi terhadap dinamika wacana tersebut, ITB menyampaikan sikapnya melalui suatu Siaran Pers.

ITB pada dasarnya menganggap dinamika tersebut sebagai bentuk ekspresi opini, dan dengan tegas menegaskan penghormatan terhadap kebebasan menyatakan pendapat di ruang publik, yang merupakan nilai demokrasi. Sebagai tanggapan konstruktif terhadap hal ini, ITB merasa perlu untuk memberikan penjelasan terkait kebijakan dan administrasi dalam penyelenggaraan studi mahasiswa.

Prof. Ir. Muhamad Abduh, M.T, Ph.D., Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan ITB, menyampaikan bahwa ITB berkomitmen kuat untuk mendukung setiap mahasiswa, termasuk memberikan dukungan finansial bagi mereka yang menghadapi kendala keuangan.

Baca Juga: Waduh! Youtuber Ria Ricis Gugat Cerai Suaminya Teuku Ryan, Ternyata Karena Hal Ini

“Berbagai skema bantuan telah diterapkan, melibatkan program beasiswa yang dielola oleh Direktorat Kemahasiswaan ITB,” ungkap Prof. Muhamad Abduh, Rabu 31 Januari 2024.

Prof. Muhamad Abduh menekankan bahwa program-program ini mencakup biaya hidup hingga pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT), dengan penyesuaian berdasarkan prioritas kebutuhan. Implementasi program tersebut dijalankan dengan tetap mematuhi aturan dan ketentuan yang telah disepakati bersama.

ITB juga telah mengadopsi sistem untuk mencegah penunggakan UKT, dan menjalin kerja sama dengan berbagai mitra, baik pemerintah maupun non-pemerintah, dalam penyediaan beasiswa.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x