7 Manfaat Buah Ceri Si Kecil Sejuta Manfaat, Nomor 6 Paling Penting

- 6 Januari 2021, 18:34 WIB
Manfaat buah ceri untuk kesehatan.
Manfaat buah ceri untuk kesehatan. /Pixabay/JillWellington
BAGIKAN BERITA - Ceri Buah kecil yang enak dan cantik sering kita jumpai sebagai garnis diatas kue atau pun juga sebagai pelengkap salad buah.
 
Tahukah kamu? bahwa buah kecil yang imut ini banyak memiliki sejuta manfaat lho! buah Ceri biar dikatakan kecil tapi paling sehat sebab dapat melindungi tubuh secara keseluruhan, wah! Hebat sekali ya buah kecil berwarna merah ini.

Buah ceri termasuk ke dalam keluarga subgenus tumbuhan dari Prunus, dengan ciri-ciri memiliki bunga corymbs kecil majemuk, dan memiliki buah yang halus dengan hanya alur lemah di satu sisi, atau tidak ada alur.
 
 
Subgenus adalah tanaman asli daerah beriklim belahan bumi utara, dengan dua spesies di Amerika, tiga di Eropa, dan sisanya di Asia

Untuk mendapatkan buah ini cukuplah mudah, tinggal datang saja ke pasar swalayan atau pun supermarket.

Nah, maka dari itu yuk! biasakan memakan buah Ceri ini ya, supaya asupan vitamin di dalam tubuhmu seimbang. 
 

Sudah enak, bermanfaat juga wah sangat kompleks sekali kan.


Seperti dikutip Bagikan Berita dari Antara berikut
 7 Manfaat yang terkandung di dalam Buah Ceri

1.kaya akan antioksidan

Ceri adalah sumber antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang kuat. Penjaga tubuh seluler ini memperlambat penuaan dan menangkal penyakit kronis termasuk penyakit jantung, kanker, Alzheimer, diabetes, dan obesitas.


2.melindungi dari diabetes

Efek anti-inflamasi dari ceri membantu menjaga kesehatan tubuh Anda. Selain itu ceri memiliki peringkat indeks glikemik yang lebih rendah dibanding kebanyakan buah.
 
Baca Juga: Miss Kiki Jadi Kimberly, Rendy Gak Mau Malu di Depan Mantan Pacar yang Nikah di Ikatan Cinta

Hal tersebut menandakan bahwa mereka tidak memicu lonjakan dan penurunan kadar gula darah dan insulin. Ini membuat keduanya melindungi terhadap diabetes dan juga menjaga kondisi seseorang yang sudah mengalaminya.

3.membuat tidur lebih nyenyak

Kue ceri atau ceri tart merupakan sumber makanan melatonin, hormon yang membantu mengontrol siklus tidur-bangun Anda. Sebuah studi pada pria dan wanita dengan insomnia menemukan bahwa dibandingkan dengan plasebo, delapan ons jus ceri asam di pagi hari dan satu gelas setidaknya dua jam sebelum tidur dapat meningkatkan waktu tidur satu jam 24 menit.

4.Mengurangi nyeri sendi
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ceri bermanfaat bagi penderita osteoartritis. Mengkonsumsi ceri atau jus ceri murni secara teratur dapat membantu mengurangi nyeri sendu
 
Baca Juga: Ini Kata LAPAN Terkait Penemuan Serpihan Roket Diduga Milik Badan Antariksa China

5.Mengurangi asam urat

Lebih dari delapan juta orang dewasa di A.S. menderita asam urat. Artritis inflamasi ini dipicu ketika produk limbah yang disebut asam urat mengkristal di dalam persendian, menyebabkan nyeri dan pembengkakan.

Dalam sebuah penelitian, pasien asam urat yang mengonsumsi ceri hanya dalam dua hari (baik buah segar, ekstrak dan jus ceri) menunjukkan risiko serangan asam urat 35 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak makan ceri.

6. Menurunkan kolesterol

Penelitian menunjukkan bahwa minum jus ceri asam dapat membantu menurunkan kolesterol total, termasuk jenis "jahat", yang dikenal sebagai LDL.

Setiap penurunan 1 persen kolesterol, berarti menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 2 persen. LDL yang tinggi sangat mengkhawatirkan terkait dengan risiko serangan jantung.
 
Baca Juga: Mengejutkan, Benda Mirip Pesawat yang Jatuh di Teluk Ranggau, Diduga Pesawat Luar Angkasa CNSA

7. Mengurangi rasa sakit usai berolah raga
Ceri dapat mengurangi rasa nyeri pasca-HIIT. Mereka juga melindungi dari keausan sel akibat olahraga, dan membantu mendukung pemulihan otot. Untuk alasan ini jus ceri populer di kalangan atlet profesional dan kompetitif. ***

Editor: Hendra Karunia

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x