Ini Kata LAPAN Terkait Penemuan Serpihan Roket Diduga Milik Badan Antariksa China

- 6 Januari 2021, 16:29 WIB
Puing yang ditemukan di Pantai Teluk Ranggau, Desa Sungai Cabang, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), diduga bagian dari roket yang dipakai untuk peluncuran satelit milik China.*//Iwan Rahmansyah
Puing yang ditemukan di Pantai Teluk Ranggau, Desa Sungai Cabang, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), diduga bagian dari roket yang dipakai untuk peluncuran satelit milik China.*//Iwan Rahmansyah /

BAGIKAN BERITA - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menduga, puing dan elemen elektronik yang ditemukan di Pantai Teluk Ranggau, Desa Sungai Cabang, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), diduga bagian dari roket yang dipakai untuk peluncuran satelit milik China.

"Untuk dugaan sementara yang ada di bagian roket CZ-3B dengan nomor katalog 4470. Roket digunakan untuk peluncuran Beidou 3-IGSO 3 pada 4 November 2019 silam," jelas Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Prof Thomas Djamaluddin yang dikutip dari website www.lapan.go.id.

Menurut Thomas, saat benda itu terjatuh di wilayah Indonesia termonitor oleh satelit milik Lapan. Diperkiraan benda tersebut jatuh pada tanggal 4 Januari 2021 pukul 14.25 WIB di selatan Kalimantan dengan ketinggian 118 km.

Baca Juga: Dibuang Arsenal, Mesut Ozil Dikabarkan Gabung ke DC United

"Benda tersebut bisa disebut sampah antariksa," jelas Thomas Djamaluddin.

Sebelumnya diberitakan, benda yang awalnya diduga serpihan badan pesawat tersebut ditemukan di Pantai Dusun Teluk Raggau, Desa Sungai Cabang, Kecamatan Kumai oleh nelayan saat itu hendak memancing.

Menindaklanjuti, informasi tersebut lalu tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, KSOP dan Basarnas langsung bergegas mendatangi lokasi untuk mengecek penemuan benda tersebut.

Baca Juga: 7 Manfaat Menggendong bayi Bagi Ibu yang Jarang Diketahui, Nomor 4 paling Penting

Saat dicek di lokasi, pada Selasa, 5 Januari 2021 tim gabungan akhirnya menemukan puing logam besar dan sejumlah benda elektronik lainnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x