Mengenali Gejala Demensia saat Mandi, Begini Langkah-langkahnya!

- 28 Desember 2023, 16:50 WIB
Apa Itu Demensia? Cari Tahu Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatan yang Tepat
Apa Itu Demensia? Cari Tahu Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatan yang Tepat /

BAGIKAN BERITA – Manusia yang telah melebihi usia 50 tahu, biasanya dihadapkan pada demensia. Gejala demensia tidak dapat berbeda antara satu pasien dan pasien lainnya.

Kehilangan memori dan kebingungan termasuk dua tanda yang paling umum terkait dengan kondisi ini. Namun, selain gejala umum tersebut, ada juga tanda awal demensia yang dapat teridentifikasi ketika seseorang sedang mandi.

Pengenalan terhadap tanda-tanda peringatan ini diharapkan dapat membuka peluang untuk perawatan yang lebih baik bagi penderitanya.

Menurut informasi yang dilansir dari Mirror pada Kamis, 28 Desember 2023, sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Chicago di Amerika Serikat meneliti gejala demensia, khususnya penurunan signifikan dalam fungsi indra penciuman.

Ingatan memiliki peran penting dalam mengenali aroma, dan studi ini melibatkan analisis indra penciuman pada 515 orang paruh baya. Tes penciuman yang dikembangkan oleh para peneliti mirip dengan tes penglihatan dan pendengaran.

Baca Juga: Fuji Mengidap Gangguan Mental ADHD, Yuk Kenali Gejalanya!

Para peneliti berpendapat bahwa tes ini dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap potensi tanda-tanda awal demensia. Salah satu cara yang disarankan adalah memperhatikan apakah ada penurunan kemampuan mencium aroma sampo dan sabun mandi selama mandi.

Penulis senior studi, Jayant M Pinto, seorang profesor bedah di Universitas Chicago yang memfokuskan penelitiannya pada penyakit penciuman dan sinus, menyatakan bahwa penelitian ini memberikan petunjuk baru terkait penurunan drastis indra penciuman sebagai indikator demensia. Timnya menemukan perubahan struktural di area tertentu di otak peserta studi.

“Dapat kami tunjukkan bahwa volume dan bentuk materi abu-abu di area penciuman dan otak yang terkait dengan memori pada orang-orang dengan penurunan indra penciuman yang drastis lebih kecil dibandingkan dengan orang-orang yang mengalami penurunan fungsi indra penciumannya yang tidak begitu parah,” ungkap Pinto.***

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x