Tips Kesehatan Fisik dan Mental untuk KPPS, Caleg, dan Timses Pasca Pemilu 2024

- 16 Februari 2024, 20:06 WIB
Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) melakukan penghitungan sura suara DPD RI di TPS 23 Pabean Udik, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024). Penghitungan surat suara di TPS tersebut dilakukan hingga malam hari karena terkendala jaringan saat menggunakan aplikasi Sirekap.
Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) melakukan penghitungan sura suara DPD RI di TPS 23 Pabean Udik, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024). Penghitungan surat suara di TPS tersebut dilakukan hingga malam hari karena terkendala jaringan saat menggunakan aplikasi Sirekap. /Antara/Dedhez Anggara/

BAGIKAN BERITA- Dr. Ngabila Salama, MKM, Kepala Seksi Pelayanan Medik RSUD Tamansari, memberikan sejumlah kiat menjaga kesehatan fisik dan mental bagi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), calon legislatif (caleg), dan tim sukses (timses) pasca Pemilu 2024.

Menurut Ngabila, deteksi dini menjadi kunci penting setelah berlangsungnya Pemilu. Dia mendorong agar para petugas KPPS, panitia Pemilu, caleg, timses, dan simpatisan lebih memperhatikan keluhan kesehatan masing-masing.

Ngabila menyarankan untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) guna menghindari masalah kesehatan fisik pasca Pemilu. Ini mencakup cek kesehatan rutin, penggunaan masker, mencuci tangan, serta konsumsi vitamin D3 dan C untuk menjaga kondisi badan dan imunitas.

Baca Juga: Keren! Mobil Legendaris Suzuki Jimny Kini Hadir dengan 5 Pintu (5-Door) Inilah Harga dan Spesifikasinya

Selain itu, Ngabila menyarankan penerapan pola hidup sehat CERDIK, yang mencakup tidak merokok, aktivitas fisik, asupan sayur dan buah, serta pembatasan konsumsi gula, garam, lemak, dan minuman tinggi gula. Tidur yang cukup juga penting, minimal 7 jam dalam 24 jam, dengan tidur siang jika perlu, serta menjaga kerja sama tim untuk menghindari stres berlebihan.

Bagi pasien dengan penyakit kronis atau masalah kesehatan ringan pasca Pemilu, disarankan untuk berkonsultasi dengan Puskesmas atau klinik terdekat untuk penanganan segera.

Tidak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu diperhatikan. Durasi Pemilu yang panjang bisa menyebabkan kelelahan mental dan depresi. Ngabila menyarankan konsultasi ke ahli jika mengalami gejala masalah kesehatan mental, seperti cemas, sulit tidur, bad mood, kehilangan minat, atau depresi ringan.

Baca Juga: Tabel Angsuran KUR BRI Pinjaman 50 Juta Hari Ini Jumat 16 Februari 2024: Pinjaman dengan Cicilan Termurah

Penting juga untuk selalu berpikir positif dan mengambil hikmah dari setiap peristiwa. Masyarakat diajak untuk menerapkan prinsip CERIA: cerdas intelektual, spiritual, emosional, serta asah, asih, asuh pada keluarga.

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x