Erick Thohir Genap Satu Tahun Terpilih sebagai Ketua Umum PSSI, Apa Prestasinya?

- 16 Februari 2024, 10:00 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PSSI.
Menteri BUMN Erick Thohir yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PSSI. /PSSI /Ist

BAGIKAN BERITA – Pada hari yang sama satu tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal ini, Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk periode 2023-2027 melalui Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI.

Menteri BUMN, Erick Thohir, berhasil meraih posisi Ketua Umum PSSI untuk periode 2023-2027 dengan memperoleh 64 suara dari pemilik hak suara dalam pemilihan yang diadakan pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Jakarta pada tanggal 16 Februari 2023. Keberhasilan Erick Thohir tersebut mengalahkan pesaing terkuatnya, yaitu Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti, yang hanya mendapatkan 22 suara.

“Saya belum merasa menang. Kemenangan bukanlah tentang saya terpilih menjadi Ketua Umum PSSI,” kata Erick dikutip dari Antara, Jumat 16 Februari 2024.

Bagi pria berusia 52 tahun ini, kemenangan sesungguhnya akan dirasakan ketika para suporter dapat kembali pulang dengan selamat setelah menonton pertandingan sepak bola. Erick mengungkapkan bahwa kemenangan sejati adalah ketika daerah-daerah di Indonesia dapat melahirkan pemain sepak bola yang berkualitas.

Baca Juga: Jadwal ANTV Jumat 16 Februari 2024: Cinta untuk Guddan, Warkop DKI, Pertarungan, Witch From Nepal, Kota Tua

“Kemenangan adalah saat tim nasional kita menjadi juara dalam sebuah kompetisi,” ujar mantan Presiden klub Italia Inter Milan tersebut.

Setahun setelah pemilihannya, Erick Thohir telah melihat sejumlah prestasi yang diraih oleh tim nasional Indonesia. Antara lain, medali emas yang diraih dalam SEA Games 2023 di Kamboja, setelah menunggu selama 32 tahun lamanya. Selain itu, skuad Garuda untuk pertama kalinya dalam sejarah berhasil mencapai babak 16 besar dalam ajang Piala Asia. Indonesia juga berhasil meraih peringkat tertinggi dalam lima tahun terakhir di peringkat dunia FIFA.

Saat ini, tim yang dilatih oleh Shin Tae-yong menempati peringkat 142 dunia, naik empat tingkat dari peringkat sebelumnya yang berada di peringkat 146 dunia pada Desember 2023.

Kedepannya, PSSI memiliki target untuk mencapai peringkat 100 dunia dengan terus berupaya meningkatkan prestasi tim nasional. Upaya tersebut akan dijalankan dalam putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang akan berlangsung bulan depan.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x