Mengenal 8 Jenis Syirik Besar dan 4 Jenis Syirik Kecil yang Tidak akan Diampuni Dosanya, Hati-hati!

- 7 Desember 2020, 13:10 WIB
Mengenal 8 Jenis Syirik Besar dan 4 Jenis Syirik Kecil yang Tidak akan Diampuni Dosanya, Hati-hati!
Mengenal 8 Jenis Syirik Besar dan 4 Jenis Syirik Kecil yang Tidak akan Diampuni Dosanya, Hati-hati! /Pixabay. Com/

BAGIKAN BERITA-Sebagian ulama tauhid membagi syirik menjadi dua bagian, yaitu syirik besar dan syirik kecil. Kedua jenis Syirik ini sangat berbahaya karena jika dibiarkan akan membawa seseorang masuk Neraka.

Syirik Besar tidak akan diampuni oleh Allah sesuai dengan firman Allah dalam Surat An Nisa ayat 48. Untuk itu setiap umat manusia diharapkan berhati-hati dalam permasalahan syirik ini. Berikut penjelasannya.

Pengertian syirik (musyrik) diungkapkan beragam oleh para ulama. Sebagian mengatakan bahwa syirik adalah pengakuan adanya Tuhan selain Allah yang diyakini sebanding denganNya dan berhak untuk disembah.

Baca Juga: Fakta Bahwa Harta Tahta Smartphone Kini Mengalahkan Istilah Wanita

Sebagian yang lain mengatakan bahwa syirik adalah meyakini adanya Tuhan selain Allah yang ia berdoa padanya sebagaimana ia berdoa pada Allah, ia takut padanya sebagaimana seharusnya ia takut pada Allah, dan ia berharap padanya sebagaimana ia berharap pada Allah.

Syirik merupakan perbuatan yang paling dibenci oleh Allah SWT karena orang yang berbuat syirik berarti mensejajarkan Allah dengan hal lain.

Dengan melakukan hal tersebut, orang yang syirik tidak mengakui ke-Esa-an Allah, sehingga dalam hidupnya ia bergantung pada selain Allah Yang Maha Esa. Syirik juga berarti menyamakan Allah dengan hal-hal lain.

Baca Juga: Ngeri, 13 Akibat Terlalu Sering Update Status, Nomor 11 Bisa Menambah Dosa

Syirik dapat dilakukan dalam berbagai hal ibadah seperti berdoa, istighatsah, Nadar, sholat, puasa, atau mempersembahkan hewan sembelihan kepada berhala-berhala maupun selainnya. Orang yang melakukan syirik disebut musyrik.

Salah satu dosa yang tidak akan Allah ampuni adalah Syirik, hal ini tertuang dalam Firman Allah yang berbunyi :

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x