Sangat Mudah, 5 Amalan Sunah Rasulullah SAW untuk Hari Jumat Pahalanya Luar Biasa

- 18 Desember 2020, 09:30 WIB
Sangat Mudah, 5 Amalan Sunah Rasul untuk Hari Jumat Pahalanya Luar Biasa
Sangat Mudah, 5 Amalan Sunah Rasul untuk Hari Jumat Pahalanya Luar Biasa /Pixabay. Com/

BAGIKAN BERITA - Bagi umat Islam, hari Jumat merupakan hari spesial. Bahkan dalam beribadah, banyak amalan yang akan dilipatgandakan pada hari Jumat ini.

Hari Jumat banyak keistimewaan. Meski pada dasarnya semua hari adalah baik, tetapi hari Jumat memiliki kemuliaan tersendiri karena di hari tersebut memiliki nilai sejarah Islam.

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : "Hari terbaik dimana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat,”.

Baca Juga: 7 Tips Mendidik Anak Agar Patuh Sejak Kecil, Nomor 4 Paling Penting

Hari Jumat merupakan waktu yang mustajab juga untuk berdoa. Berikut 5 amalan yang mudah untuk dikerjakan khusus untuk hari jumat sesuai tuntunan Rasulullah, pahalanya luar biasa:

1.Perbanyak Dzikir dan Shalawat
Dzikir dan Sholawat bisa membantu dalam kesulitan di dunia maupun akhirat. Nabi menganjurkan untuk memperbanyak membaca shalawat dan memperbanyak dzikir pada hari Jumat.

2.Membaca Surat Al Kahfi
Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jumat.
Membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka ia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.

Baca Juga: 7 TIPS Meminjamkan Uang Agar Tidak Menjadi Masalah Di Kemudian Hari, Nomor 5 yang Paling Penting

3.Perbanyak Berdoa
Rasulullah SAW menyebutkan keutamaan berdoa pada hari jumat ada dua waktu mustajab untuk berdoa. Meski tidak di sebutkan kapan waktu secara pastinya, maka umat Islam disunahkan untuk memperbanyak memanjatkan doa di hari tersebut.

4.Membersihkan atau Menyucikan Diri
"Barang siapa yang mandi pada hari Jum'at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum'at". (HR. Bukhari).

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x