7 Tips Mendidik Anak Agar Patuh Sejak Kecil, Nomor 4 Paling Penting

- 17 Desember 2020, 14:42 WIB
 7 Tips Mendidik Anak Agar Patuh Sejak Kecil,  Nomor 4 Paling penting
7 Tips Mendidik Anak Agar Patuh Sejak Kecil, Nomor 4 Paling penting /Ali Bakti /Bagikanberita.com

BAGIKAN BERITA - Memiliki Anak yang baik terhadap semua orang adalah mimpi atau harapan bagi setiap Orang tua. Namun  Setiap anak mempunyai tabiat yang berbeda beda.

Ada anak yang menurut  dengan orang tuanya ada juga Anak yang nakal dan sulit untuk dinasehati oleh orang tua.
 
Untuk itu Redaksi Bagian berita memberikan Tips mendidik anak agar patuh sejak kecil, berikut paparannya. 
 

Tidak semua orang tua paham betul cara mendidik anak dengan baik. Orang tua pun butuh waktu untuk belajar bagaimana cara menjadi orang tua yang baik, bagaimana mendidik supaya anak nurut dengan orang tua, serta bagaimana berkomunikasi yang baik dengan anak.

Semua hal tersebut tidak mudah, bahkan terkadang membuat orang tua stres dan merasa gagal menjadi orang tua.

Terlebih jika Ibu memiliki lebih sari satu anak, kerap muncul kecemburuan dari anak yang lebih besar terhadap anak yang lebih kecil.
 

Kecemburuan ini kerap dilampiaskan dengan cara menentang Seringkali para orangtua dibuat frustasi sewaktu anak-anak mereka sulit sekali dinasehati dan dilarang melakukan sesuatu hal.
 
Anak yang susah menurut harus ditangani dengan strategi, Karena anak yang suka menentang orang tua merupakan proses dan bagian dari tumbuh kembangnya untuk menguji kesabaran orang tua atau pengasuhnya.

Ini juga menjadi salah satu cara anak untuk belajar mengekspresikan diri dan menemukan jati dirinya.
Namun, jangan dibiarkan terjadi terus menerus, karena bisa membuat anak menjadi manja dan merasa semua keinginannya harus dituruti.
 

Lalu, apa ya cara yang tepat agar anak mau mendengar perkataan Anda dan pasangan?  Redaksi Bagikan berita telah merangkum tips mendidik anak agar patuh sejak kecil  berikut ulasannya:

1. Tunjukkan Contoh yang Baik
Memang tidak ada orang tua sempurna, tapi sudah seharusnya Anda dan pasangan memberikan contoh yang baik pada anak di kehidupan sehari-hari.

Bila Anda ingin anak bertutur kata yang lembut dan baik serta bersikap sopan,  maka Anda harus selalu bersikap yang sama sebagai panutan. Ingatlah jika orang tua merupakan contoh yang akan diikuti oleh anak hingga mereka dewasa.

2. Keakraban
Ciptakan keakraban dalam interaksi dengan anak. Dua sarana yang dapat menciptakan keakraban antara anak dan orangtua adalah curhat dan lebih banyak meluangkan waktu bersama mereka.
Dalam forum curhat, jadilah teman yang dapat menampung segala unek-unek dan isi hati anak.

3. Ketegasan
Definisinya adalah tegas kepada anak (tapi bukan keras) dan adanya penerapan aturan dan konsekuensi yang tegas.
Jika anak berbuat salah yang mengharuskannya menerima konsekuensi atas perbuatan tersebut, lakukan hal tersebut secara tegas.
 

4. Kepahaman
Maksudnya adalah kefahaman kita pada anak. Jika kita menghormati anak, maka dia akan menghormati kita. Jika berbuat salah, jangan langsung menyalahkan anak.
Pasti ada alasan pada setiap tindakan anak dan sudah menjadi tugas kita sebagai orangtua untuk memahami hal itu dan bukannya main tuduh.

5. Keterlibatan
Adanya keterlibatan anak dalam menetapkan solusi. Dengan mengajak anak berunding dalam menyelesaikan masalahnya, kita memberi ruang kepada anak untuk mengeluarkan pendapat dan mungkin juga solusinya.

6. Memanggil nama anak
Selain itu, Ibu bisa menggunakan teknik ‘memanggil nama anak’ ketika mengajaknya berbicara supaya anak nurut. Ketika Ibu memanggil nama anak, si kecil akan merasa dihargai.
Saat ia menoleh dan memperhatikan Anda, jangan lupa untuk mengatakan dengan baik apa yang ingin Anda katakan. Dengan cara ini, anak akan lebih bersimpati terhadap Anda dan hasilnya ia akan patuh tanpa perlu menunjukkan tanda pembangkangan.
 

7. Berdoa.
Meminta kepada Allah SWT, agar anak Anda menjadi anak yang sholeh atau sholehah. Dengan doa segalanya bisa berubah, doa memiliki energi yang sangat luar biasa untuk menjadikan anak agar menjadi penurut dan baik. ***

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x