9 Waktu Tidur yang Dibutuhkan untuk Semua Usia

- 10 Desember 2020, 19:32 WIB
Ilustrasi tidur.
Ilustrasi tidur. /Pixabay

BAGIKAN BERITA - Dengan tidur yang cukup, kesehatan kita akan lebih baik dan maksimal. Semua organ yang lelah bekerja tentu membutuhkan waktu istirahat, termasuk otak, kulit, sistem metabolisme, dan hormon.

Pada saat tidur, informasi yang masuk ke otak akan disusun dengan rapi, sehingga saat bangun tidur kita sering kali menemukan solusi dari masalah di hari sebelumnya.

Sel dalam tubuh akan berregenerasi saat kita tidur pada tingkat paling maksimal. Makanya tak jarang, jika tidur sesuai dengan rekomendasinya, kulit seseorang akan terlihat sehat dan kencang.

Baca Juga: 10 Waktu Terkabulnya Doa, Nomor 6 yang Sering Kita Lupa

Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat karena sel-sel kita diperbarui, dan hormon melatonin yang membantu memperkuat sistem imun biasanya bekerja paling efektif saat malam, saat gelap dan kita sedang terlelap.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bayi yang baru lahir memerlukan 14-17 jam tidur per hari, remaja berusia 14-17 tahun memerlukan 8-10 jam tidur per malam. Sementara dewasa berusia 65 tahun ke atas 7-8 jam per hari.

Baca Juga: Di Sinetron Ikatan Cinta RCTI malam Ini, Andin Dukung Aldebaran Seret Elsa ke Penjara

Berikut kebutuhan tidur tubuh manusia dari bayi hingga manula.

1. Bayi baru lahir (0-3 bulan): 14-17 jam setiap hari

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x