11 Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah, Nomor 7 Pasti Menyesal Kalau Kita Tinggalkan

- 21 Desember 2020, 11:20 WIB
11 Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah, Nomor 7 Pasti Menyesal Kalau Kita Tinggalkan
11 Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah, Nomor 7 Pasti Menyesal Kalau Kita Tinggalkan /Pixabay. Com/
BAGIKAN BERITA -Salah satu sholat yang begitu berat untuk dilakukan bagi sebagian besar kaum Muslim, khususnya laki-laki dewasa ini, adalah sholat Subuh secara berjamaah.

Padahal, bila melihat kepada keutamaan sholat subuh tersebut, justru sholat Subuh berjamaah mempunyai banyak keutamaan yang luar biasa bagi ibadah kita.

Sholat subuh kadang terabaikan karena beberapa orang tidak disiplin untuk bangun pagi dan melakukannya. Padahal, sholat subuh telah menjadi kewajiban bagi setiap umat Muslim untuk melaksanakannya.
 

Sholat Subuh  juga adalah satu-satunya sholat wajib yang disebut teksnya dalam Alquran,

“ Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) Subuh. Sesungguhnya sholat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (Qs. Al-Isra’: 78)

Maka dari itu, mulai dari sekarang, bagi kita umat muslim harus menjalankan dan mengetahui sebenarnya apa saja keutamaan melakukan sholat subuh.
 
 
Untuk mengetahui secara rinci, berikut 11 Keutamaan sholat subuh bagi umat Muslim yang dirangkum redaksi Bagian Berita dari berbagai sumber.
 
1. Mendapat berkah
Sholat Subuh berjemaah berpeluang untuk mendapatkan berkah dari Allah SWT. 
 
Rasulullah SAW telah medokan kepada umatnya agar mendapat berkah ketika melakukan aktivitas pagi, terlebih aktivitas wajib dan juga dilaksanakan berjemaah seperti sholat Subuh.  "Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu paginya. (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibn Majah).

2. Terbukanya pintu rezeki
Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib RA : selepas sholat subuh Rasulullah mendapati puterinya Fatimah tengah tertidur. Maka beliau membangunkannya dan mengatakan

“Hai Fatimah bangun dan saksikanlah rizki Rabbmu, karena Allah membagi-bagikan rizki para hamba antara sholat subuh dan terbitnya matahari” (HR. Al Mundziri).

Firman Allah: “Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya sholat fajar (subuh) itu disaksikan (oleh malaikat).” (Qs. Al-Isra’: 78).

 
3. Mendapat cahaya yang sempurna pada hari kiamat
Kondisi pada waktu subuh pada umumnya masih gelap, walau dengan penerangan listrik yang ada dan kadang-kadang minim juga.

Namun, dengan adanya kondisi seperti itulah justru terdapat ganjaran yang begitu besar dan luar biasa dari Allah SWT  bagi manusia-manusia yang menuju masjid buat melaksanakan sholat dengan cahaya yang sempurna di hari Kiamat kelak.

4. Mendapatkan ganjaran Sholat Sepanjang Malam
Diriwayatkan Muslim dari Utsman bin Affan RA berkata; Rasulullah SAW bersabda:

“ Barang siapa yang sholat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah sholat malam selama separuh malam. Dan barang siapa yang sholat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah sholat seluruh malamnya.” (HR. Muslim)

5. Dijanjikan Masuk Surga
Semua orang pasti menginginkan tempat kembali yang terbaik yaitu surga dengan segala kenikmatannya.

Diriwayatkan dari Abu Musa Al-asy’ari berkata bahwa, Rasulullah SAW pernah bersabda : “Barangsiapa yang mengerjakan sholat Bardain yaitu sholat Subuh dan Ashar maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kesimpulannya adalah ada dua waktu sholat yang mempunyai keutamaan dibandingkan dengan sholat wajib lainnya yaitu sholat Subuh dan Ashar.
Menurut pendapat para ulama, dua waktu tersebut adalah waktu yang sulit. 
 
 
Waktu Subuh adalah waktu dimana kebanyakan manusia sedang tidur dan waktu Ashar adalah waktu dimana sebagian besar manusia sedang sibuk mencari rezeki.

Sehingga di dua waktu ini Allah memberikan keutamaan yang lebih dibandingkan sholat lainnya.

6. Tidak Tergolong Orang Munafik
Manfaat sholat subuh bagi umatnya dapat menjadikan umatnya terhindar dari sifat-sifat munafik. Sholat subuh akan dapat menghindarkan kita dari penyakit kemunafikan tersebut, seperti yang telah dijelaskan dalam hadis sebagai berikut:

“ Tidak ada Sholat yang lebih berat (dilakukan) bagi orang munafik daripada sholat Subuh dan juga sholat Isya. Seandainya mereka mengetahui (keutamaan) yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan melakukannya kendati dengan merangkak.

Sungguh aku telah hendak memerintahkan kepada petugas azan untuk iqamat (Sholat) kemudian aku mengambil bara api dan kemudian membakar (rumah) orang yang belum tidak keluar melaksanakan Sholat (di masjid).” (HR. Bukhari-Muslim)

7. Dijamin oleh Allah SWT
Orang yang melaksanakan sholat Subuh berjamaah, maka dia berada dalam jaminan dan perlindungan Allah SWT, jik ada orang yang berani mencelakakannya terancam dengan azab yang pedih, sebab dia telah melanggar perlindungan yang Allah berikan kepada orang tadi,  Rasulullah SAW bersabda:

 
“Barang siapa yang melaksanakan sholat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan sampai Allah menuntut kalian sesuatu apa pun pada jaminan-Nya.

Karena barangsiapa yang Dia tuntut pada jaminan-Nya, pasti Dia akan mendapatkannya. Kemudian mereka  akan ditelungkupkan pada wajahnya di dalam Neraka.” (HR. Muslim)

8. Disaksikan oleh para malaikat
Dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

“­Malaikat bergantian melihat kalian pada siang dan malam. Para malaikat itu bertemu di sholat Subuh dan sholat Ashar. Kemudian yang bermalam dengan kalian naik (ke langit) dan ditanya oleh Rabb mereka, dan Dia lebih tahu keadaan hamba-hambanya,

Bagaimana kondisi hamba-hambaku ketika kalian tinggalkan?’ Para malaikat menjawab, ‘Kami meninggalkan mereka dalam keadaan sholat, dan juga kami mendatangi mereka dalam keadaan sholat.” (HR. Bukhari-Muslim)

 
9. Mendapatkan Pahala Haji Atau Umrah
Bagi umat Islam yang selalu menjalankan kewajiban menjalankan sholat subuh dan melakukan dzikir hingga terbitnya matahari, maka orang tersebut akan berpeluang mendapatkan pahala haji atau umrah bagi amalan ibadahnya.

Dalam hadist yang diriwaytakani Anasibn Malik RA, Rasulullah SAW bersabda:
“Barang siapa yang sholat Subuh berjamaah kemudian dia duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas sholat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi)

10. Kesempatan untuk Melaksanakan Sholat Sunnah Subuh
Sholat sunat Subuh dua rakaat ini memiliki  kelebihan tersendiri yang telah disebutkan dalam hadits.

“Dua rakaat (sholat sunah) Subuh lebih baik daripada dunia dan segala isinya.” (HR. Muslim)

11. Kemenangan dengan melihat Allah pada hari kiamat nanti
Tentunya hal ini adalah ganjaran terbesar yang dikaruniakan Allah kepada hamba-Nya. Dari Jarir Bin Abdullah al-Bajali RA berkata,

“Kami pernah duduk bersama Nabi Muhammad  shallallahu alaihi wasallam, kemudian beliau melihat ke bulan di malam purnama tersebut, Maka, Nabi Muhammad bersabda, ‘Ketahuilah bahwa sesungguhnya kalian akan melihat kepada Rabb kalian sebagaimana kalian melihat kepada bulan ini.
 
 
Kalian tidak akan terhalangi melihatnya. Bila kalian mampu untuk tidak untuk meninggalkan sholat sebelum terbitnya matahari dan juga sebelum terbenamnya, maka lakukanlah!” (HR. Bukhari-Muslim). ***

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x