WASPADA! Inilah Bahan-bahan yang Perlu Diketahui dalam Mie Instan untuk Kesehatan Manusia

- 24 Januari 2021, 12:10 WIB
Ilustrasi mie instan dan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya*/
Ilustrasi mie instan dan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya*/ /Pixabay.com/

BAGIKAN BERITA - Mie instan adalah mie yang sudah dimasak terlebih dahulu dan dicampur dengan minyak, dan bisa dipersiapkan untuk konsumsi hanya dengan menambahkan air panas dan bumbu-bumbu yang sudah ada dalam paketnya.

Namun ada hal yang lebih utama yang wajib anda ketahui. Menurut dokter, mie instan bukan cuma kandungan nutrisinya yang kurang, tapi juga bisa merugikan kesehatan bagi mereka-mereka yang mengkonsumsi secara berlebihan.

Mie instan penyebab timbulnya kanker, hal itu disebabkan oleh zat lilin sebagai campuran pembuatan mi instan yang berfungsi agar mie instan tidak lengket saat dimasak. Walaupun hasil dari penelitian Badan POM isu lilin yang ada dalam mi instan dinyatakan tidak benar. 

Baca Juga: Jangan Buang Air Rebusan Mie Instan, Ternyata ada Khasiatnya

Berikut adalah beberapa bahan-bahan dalam mie instan yang harus kita waspadai:

1. Bumbu dan pelengkap

Bumbu yang digunakan antara lain adalah MSG atau vetsin. Titik kritisnya adalah pada media mikroba, yaitu media yang digunakan untuk mengembangbiakkan mikroorganisme yang berfungsi memfermentasi bahan baku vetsin. 

Sedangkan bahan pelengkap mie instan adalah bahan-bahan penggurih yaitu Human Papillomavirus (HPV) dan yeast extract. HPV atau hidrolized vegetable protein merupakan jenis protein yang dihidrolisasi dengan asam klorida ataupun dengan enzim.

Baca Juga: 5 Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan, Nomor 1 Dapat Membuat Bulu Kuduk Merinding

Halaman:

Editor: Yusuf Ariyanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x