Pemerintah Tetapkan Awal Ramadhan Jatuh Pada Hari Selasa 13 April 2021 Melalui Sidang Isbat

- 12 April 2021, 19:46 WIB
Tim Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya sedang melakukan pemantauan hilal di atas gedung hotel di pantai Pangandaran, Senin, 12 April 2021, Pemerintah Tetapkan Awal Ramadhan Jatuh Pada Hari Selasa 13 April 2021
Tim Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya sedang melakukan pemantauan hilal di atas gedung hotel di pantai Pangandaran, Senin, 12 April 2021, Pemerintah Tetapkan Awal Ramadhan Jatuh Pada Hari Selasa 13 April 2021 /WhatsApp Iwan/

BAGIKAN BERITA-Pemerintah menetapkan dan memutuskan awal puasa ramadhan 1442 Hijriah atau bulan puasa tahun 2021 jatuh pada hari Selasa 13 April 2021.

"Keputusan sidang isbat tanpa ada perbedaan. Bersepakat dan menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 13 April," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, saat konferensi pers penetapan sidang Isbat yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin.
​​​​​
Dengan pengumuman resmi dari Pemerintah maka pada Senin malam umat Islam di Indonesia dapat melaksanakan salat tarawih. Sidang isbat ini diikuti sejumlah perwakilan organisasi keagamaan, ahli astronomi, dan tamu undangan lainnya.

Baca Juga: Pedangdut Senior Anisa Bahar Turun Tangan Damaikan Lesty dan Siti Badriah Buntut Konten Bareng Boy William

Baca Juga: Sedang Tayang Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadhan 1442 Hijriah, Ini Link Live Streamingnya

Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agama menyatakan ada referensi bahwa hilal awal Ramadhan 1442 Hijriyah pada Senin, teramati di wilayah Indonesia.

Hilal awal Ramadhan yang teramati sudah cukup tua atau sudah lebih delapan jam. Di Indonesia hilal berada pada posisi signifikan untuk dilihat.

Sama halnya seperti pelaksanaan tahun lalu, Kemenag melakukan pembatasan peserta sidang dan seluruh perwakilan yang hadir wajib mengikuti protokol kesehatan.

Baca Juga: Aldebaran Lepas Perjaka Tepat di Usia Pernikahan 6 Bulan, Andin Sangat Bahagia di Sinetron Ikatan Cinta

Selain itu, penyelenggaraannya juga dilakukan secara daring dan luring. Maka demikian, masyarakat sama-sama bisa langsung menyaksikannya melalui tayangan di laman media sosial resmi Kemenag.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x