Catat! Inilah 9 Langkah yang Harus KIta Lakukan Agar Spirit Ramadhan Tetap Ada di Bulan Berikutnya

- 30 April 2021, 08:02 WIB
Catat! Inilah 9 Langkah yang Harus KIta Lakukan Agar Spirit Ramadhan Tetap Ada di Bulan Berikutnya
Catat! Inilah 9 Langkah yang Harus KIta Lakukan Agar Spirit Ramadhan Tetap Ada di Bulan Berikutnya /Pixabay/

BAGIKAN BERITA - Ramadhan tingal hitungan hari akan selesai, umat Islam di seluruh dunia akan merayakan hari kemenangan.

Setelah sebulan berpuasa di bulan Ramadhan dengan segala aktivitas ibadah yang penuh dengan spiritualitas dan penyucian diri, seorang hamba akan lahir menjadi manusia baru, yakni manusia yang lebih mengedepankan perilaku religi sekaligus merawat moralitas.

Spirit Ramadhan terus membimbingnya pada sebelas bulan lainnya. Baginya Ramadhan akan tetap ada di sepanjang tahun.

Baca Juga: Jadwal Imsak dan Sholat untuk Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, Palangkaraya, Denpasar, Batam, 30 April 2021

Nah, untuk menjaga spirit Ramadhan tetap ada dibulan berikutnya, sembilan langkah di bawah ini diharapkan dapat membantu kita dalam mewujudkan nuansa Ramadhan sepanjang tahun seperti telah dirangkum redaksi Bagianberita.com dari berbagai sumber.

1. Muhasabah
Di sini kita berupaya merenungkan kembali segala amal yang telah kita lakukan. Lakukanlah evaluasi secara total dan kritis terhadap ibadah yang telah kita laksanakan di bulan Ramadhan.

Bila kita telah melakukan evaluasi dan introspeksi terhadap ibadah puasa dan amaliah ramadhan lainnya yang kemudian diikuti dengan usaha perbaikan atas segala kekurangannya, maka selanjutnya semua kita serahkan kepada Allah.

Baca Juga: Dilantik Menjadi Mendikbud-Ristek, Hidayat Nur Wahid Minta Nadiem Makarim Selesaikan Berapa 'PR' Kemendikbud

Biarlah Allah yang menilai segala upaya maksimal kita dalam ber-muhasabah (evaluasi).

2. Buatlah Komitmen Bersama Keluarga
Melakukan muhasabah saja belumlah cukup jika tidak ditindaklanjuti dengan komitmen diri serta orang-orang terdekat untuk melanjutkan amalan-amalan positif dan mencegah perbuatan negatif agar tidak berkembang secara individu maupun sosial pada bulan-bulan berikutnya.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x