Gawat! Virus Corona Varian B.1.617 Asal India Sudah Sampai Indonesia, Empat Orang Asal Sumsel Sudah Terpapar

- 17 Mei 2021, 20:55 WIB
 Gawat! Virus corona Varian B.1.617 Asal India Sudah Sampai Indonesia, Empat Orang  Asal Sumsel Sudah Terpapar
Gawat! Virus corona Varian B.1.617 Asal India Sudah Sampai Indonesia, Empat Orang Asal Sumsel Sudah Terpapar /Pixabay/

BAGIKAN BERITA - Penyebaran virus Corona Varian B.1.617 asal India yang sangat menular, kini telah sampai ke Indonesia.

Virus Corona Varian B.1.617 asal India diketahui sudah ada di Indonesia tepatnya di provinsi Sumatera Selatan, setelah empat orang dalam satu keluarga terpapar virus Corona hasil swab tesnya dikirim ke Balitbang Kemenkes Jakarta.

Menurut kepala Seksi Survailans dan Imunisasi Dinkes Sumsel Yusri di Palembang, pada Senin 17 Mei 2021, mengatakan rangkaian kontak kasus diketahui berdasarkan pelacakan saat keempatnya lebih dulu terkonfirmasi virus corona, kontak keluarga dinilai wajar karena temuan kasus corona di Sumsel memang didominasi klaster keluarga.

Baca Juga: Selamat Jalan Selamanya, Mantan Menteri Agama Lukman H. Saifuddin Sampaikan Kabar Duka wafatnya KH Sanusi Baco

"Ada satu kasus B.1.617 yang terkonfirmasi positif setelah uji swab untuk keperluan kerja," ujar Yusri.

Namun, Keempat orang tersebut hanya mengalami gejala ringan dan dinyatakan telah sembuh, meski 3 orang yang terpapar B.1.617 itu berusia diatas 60 tahun.

Selain itu Yusri menambahkan bahwa keempatnya tidak memiliki riwayat melakukan perjalanan maupun kontak dengan orang asing.

Baca Juga: Luar Biasa, Andrea Meza Wakil dari Mexico Dinobatkan Sebagai Miss Universe 2020

Yusri meyakini keempat kasus yang berasal dari Palembang, Prabumulih, Muara Enim dan PALI itu tertular di dalam wilayah Sumsel karena varian B.1.617 telah menyebar serta menjadi transimisi lokal di wilayah setempat.

"Varian ini memang penyebarannya lebih cepat dibanding Covid-19," kata dia menambahkan.
Meskipun kontak kasus B.1.617 sudah terlacak namun Dinkes Sumsel tidak melakukan uji usap terhadap kontak-kontak kasus itu karena kasus hanya mengalami gejala ringan dan rentang temuan kasus juga sudah lebih dari 14 hari.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x