Manfaat Shalat Gerhana Bulan Tahun 2021 Bagi Umat Muslim Beserta Tata Caranya dari Kemenag

- 26 Mei 2021, 18:38 WIB
Manfaat Shalat Gerhana Bulan Tahun 2021 Bagi Umat Muslim Beserta Tata Caranya dari  Kemenag
Manfaat Shalat Gerhana Bulan Tahun 2021 Bagi Umat Muslim Beserta Tata Caranya dari Kemenag /@kemenag_RI

BAGIKAN BERITA-Hari ini Rabu, 26 Mei 2021 umat Muslim di Indonesia dianjurkan untuk Shalat Gerhana Bulan total karena banyak manfaatnya.

Sehubungan dengan adanya peristiwa gerhana bulan total, Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama mengimbau umat Islam agar melakukan shalat sunnah gerhana bulan karena banyak manfaatnya.

“Kami mengimbau kaum muslimin agar melakukan Shalat Gerhana Bulan , karena banyak manfaatnya, "jelas Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin di Jakarta.

Baca Juga: Kabar Gembira, Bisa Raup Banyak Uang dari Video, Instagram Dikabarkan Berencana Akan Monetisasi Reels

Menurutnya, sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW, umat Islam dianjurkan melakukan shalat gerhana bulan , walaupun dalam posisi gerhana bulan sebagian. Selain itu, umat Islam juga dianjurkan memperbanyak zikir, doa, istighfar, taubat, sedekah, dan amal-amal kebajikan lainnya.

“Mempertimbangkan waktu terbit bulan di masing-masing daerah, maka Shalat Gerhana bisa dilakukan pada rentang setelah Shalat Maghrib sampai selesai Gerhana sesuai dengan waktu di atas,” ujar Kamaruddin.

“Karena masih pandemi, Shalat Gerhana agar diselenggarakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan disiplin 5M: mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan,” katanya.

Baca Juga: Aktivitas Gunung Merapi Kembali Meningkat, Ini Laporan Lengkapnya hingga Akhir Pengamatan 25 Mei 2021

Berikut ini adalah manfaat Shalat Gerhana bulan bagi umat Muslim.


1. Mendekatkan Diri Kepada Allah
Manfaat sholat gerhana yang kedua adalah sebagai bentuk keimanan kepada Allah, dengan mendirikan salah satu perintah Allah tentunya akan membuat diri kita semakin dekat dengan Allah.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x