Gerhana Bulan Total, BMKG Imbau Warga Pesisir Antisipasi Kenaikan Air Laut

- 26 Mei 2021, 17:04 WIB
Gerhana Bulan Total, BMKG Imbau Warga Pesisir Antisipasi Kenaikan Air Laut
Gerhana Bulan Total, BMKG Imbau Warga Pesisir Antisipasi Kenaikan Air Laut /Pixabay

BAGIKAN BERITA-Sehubungan dengan peristiwa gerhana bulan total yang akan terjadi pada hari ini Rabu 26 Mei 2021, Koordinator Data dan Informasi, Stasiun Geofisika, BMKG Sulawesi Utara, Edward Mengko mengingatkan masyarakat yang berada di pesisir pantai mewaspadai kenaikan air laut di atas normal. 

"Karena memang gerhana bulan berada pada posisi dekat dengan bumi, pengaruh gravitasi bulan bisa menyebabkan kenaikan air laut. Warga diharapkan waspada apabila gerhana bulan total ini terjadi bersamaan waktu air pasang," ujar Edward di Manado.

Menurut Edward, Gerhana bulan merupakan.peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

Baca Juga: Inilah 3 Manfaat Sholat Gerhana Bulan Tahun 2021 Bagi Umat Muslim

"Posisi matahari, bumi, dan bulan ini dapat diprediksi sebelumnya, " katanya.


Lebih lanjut Edward mengatakan, Gerhana bulan total terjadi saat posisi matahari-bumi-bulan sejajar, menyebabkan bulan masuk ke umbra bumi, akibatnya saat fase totalitas gerhana terjadi, bulan akan terlihat kemerahan, katanya.

"Salah satu tupoksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai institusi pemerintah adalah memberikan informasi dan pelayanan tanda waktu, termasuk di dalamnya adalah informasi gerhana bulan dan matahari," katanya.

Baca Juga: Malam Ini, Konser Lida Wild Card Indosiar akan Tayang Pukul 20.30 WIB, Ayo Dukung Jagoanmu!

Dengan membandingkan jarak bumi-bulan dan kejadian gerhana bulan total 26 Mei 2021 dapat diketahui bahwa waktu puncak gerhana ini terjadi hanya 9 jam 28 menit sejak bulan berada di perige (dekat bumi).

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x