8 Manfaat Sholat Dhuha, Salah Satunya Berpahala Seperti Orang Pergi Haji dan Umroh

- 28 Juni 2021, 06:47 WIB
8 Manfaat Sholat Dhuha, Salah Satunya Berpahala Seperti Orang Pergi Haji dan Umroh
8 Manfaat Sholat Dhuha, Salah Satunya Berpahala Seperti Orang Pergi Haji dan Umroh /Freepik/

BAGIKAN BERITA - Sholat Dhuha adalah sholat yang dikerjakan di antara dua waktu Sholat Subuh dan Sholat Dzuhur, Sholat Dhuha juga memiliki rentang waktu cukup lama untuk mengerjakannya yaitu dikerjakan mulai 20 menit setelah matahari terbit, hingga 15 menit sebelum Sholat Dzuhur.

Jumalah rakaat Sholat Dhuha adalah minimal dua rakaat sekalai salam atau dalam hitungan genap. Dalam hadist yang sahih dijelaskan bahwa Nabi Muhamad SAW melaksanaka Sholat Dhuha 4 rakaat. Rasullah SAW mengerjakan dengan 2 rakaat salam, 2 rakaat salam dan terkadang ditambahkan beberapa rakaat sesuai yang dikehendaki.

Pelaksanaan Sholat Dhuha lebih utama dilakukan secara munfarid atau sendiri dan tata caranya tidak berbeda seperti sholat lainnya. Melaksanakan Sholat Dhuha hukumnya adalah sunnah yang berarti jika tidak dikerjakan tidak akan mendapatkan dosa.

Baca Juga: Tifatul Sembiring Murka, Anies Baswedan Mau Diludahi Salah Satu Komisaris BUMN: Arogan Banget!

Niat sholat Dhuha
Menurut Ustadz Abdul Somad, sesungguhnya yang dianggap niat itu adalah di dalam hati. Ucapan lidah bukanlah niat, akan tetapi membantu untuk mengingatkan hati, kekeliruan pada lidah tidak memudharatkan selama niat hati itu benar, hukum ini disepakati kalangan Mazhab Syafi’I dan Mazhab Hanbali.

Hal itu sebagaimana disampaikan Syekh Abu Bakar al-Jaza’iri menyebutkan dalam al-Fiqh ‘ala al-Madzahib al-Arba’ah.

Menurut Mazhab Maliki dan Hanafi, melafazkan niat tidak disyariatkan dalam shalat, kecuali jika orang yang shalat itu was-was.

Baca Juga: Masih Berlangsung, MotoGP Belanda 2022 Live di Trans 7 dan Live Streaming di Fox Sports

Manfaat Sholat Dhuha
Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat Sholat Dhuha menurut Hadis Nabi SAW;

1. Dimudahkan dalam segala urusan dunia dan mencari rezeki.
Dengan dimudahkannya pintu rezeki, maka hal ini menjadi bukti bahwa keajaiban timbul saat menjalankan Sholat Dhuha dengan hati yang ikhlas.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x