Ingin ke Tanah Suci Tapi Terkendala Corona Jangan Risau, Salah Satu Manfaat Sholat Dhuha Bisa Menggantikannya

- 12 Agustus 2021, 08:30 WIB
Ingin ke Tanah Suci Tapi Terkendala Corona Jangan Risau, Salah Satu Manfaat Sholat Dhuha Bisa Menggantikannya
Ingin ke Tanah Suci Tapi Terkendala Corona Jangan Risau, Salah Satu Manfaat Sholat Dhuha Bisa Menggantikannya /pixabay/

BAGIKAN BERITA - Sholat Dhuha adalah sholat yang dikerjakan di antara dua waktu Sholat Subuh dan Sholat Dzuhur, Sholat Dhuha juga memiliki rentang waktu cukup lama untuk mengerjakannya yaitu dikerjakan mulai 20 menit setelah matahari terbit, hingga 15 menit sebelum Sholat Dzuhur.

Jumalah rakaat Sholat Dhuha adalah minimal dua rakaat sekalai salam atau dalam hitungan genap. Dalam hadist yang sahih dijelaskan bahwa Nabi Muhamad SAW melaksanaka Sholat Dhuha 4 rakaat. Rasullah SAW mengerjakan dengan 2 rakaat salam, 2 rakaat salam dan terkadang ditambahkan beberapa rakaat sesuai yang dikehendaki.

Pelaksanaan Sholat Dhuha lebih utama dilakukan secara munfarid atau sendiri dan tata caranya tidak berbeda seperti sholat lainnya. Melaksanakan Sholat Dhuha hukumnya adalah sunnah yang berarti jika tidak dikerjakan tidak akan mendapatkan dosa.

Baca Juga: Bocoran Pembukaan Kartu Prakerja Gelombang 18, Siapkan Diri Anda Agar Lolos Seleksi dan Dapatkan Rp 3,55 Juta

Niat sholat Dhuha

Menurut Ustadz Abdul Somad, sesungguhnya yang dianggap niat itu adalah di dalam hati. Ucapan lidah bukanlah niat, akan tetapi membantu untuk mengingatkan hati, kekeliruan pada lidah tidak memudharatkan selama niat hati itu benar, hukum ini disepakati kalangan Mazhab Syafi’I dan Mazhab Hanbali.

Hal itu sebagaimana disampaikan Syekh Abu Bakar al-Jaza’iri menyebutkan dalam al-Fiqh ‘ala al-Madzahib al-Arba’ah.

Menurut Mazhab Maliki dan Hanafi, melafazkan niat tidak disyariatkan dalam sholat, kecuali jika orang yang sholat itu was-was.

Baca Juga: Sedang Tayang Ikatan Cinta Malam Ini, Elsa Sadis Habisi Roy dengan Gunting hingga Terkulai di Lantai

Manfaat Sholat Dhuha
Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat Sholat Dhuha menurut Hadis Nabi SAW;

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x