5 Puasa Sunnah yang Selalu Dikerjakan Rasulullah SAW, Salah Satunya Dilakukan Esok Hari

- 15 Desember 2021, 16:00 WIB
Ilustrasi menu berbuka puasa
Ilustrasi menu berbuka puasa /Pixabay/

BAGIKAN BERITA - Menurut Islam, puasa ada yang wajib dan ada yang sunnah. Jika keduanya dikerjakan akan mendapat amalan dari Allah SWT.

Untuk puasa wajib, hanya dilakukan di bulan Ramadhan, sedangkan puasa sunnah bisa dikerjakan kapan saja tetapi harus sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah SAW.

Seperti diketahui, puasa sunnah nantinya akan menambal kekurangan yang ada pada puasa wajib. Oleh karena itu, amalan sunnah sudah sepantasnya tidak diremehkan.

Baca Juga: Piala AFF 2020 Singapura: Melawan Vietnam, Indonesia Tanpa Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri, Ini Alasannya

Orang yang berpuasa, juga akan mendapatkan dua kebahagiaan, yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi. ” (H.R. Muslim).

Selain itu, dari hasil penelitian ini juga terbukti bahwa tingkat peradangan dapat berkurang. Bahkan, disebutkan pula berpuasa dapat melindungi otak. Maka, risiko penyakit degeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson pun bisa dikurangi.

Seorang ahli asal Rusia, dr. Yuri Nikolayev dari The Moscow Institute of Psychiatry., menyatakan bahwa puasa sebagai penemuan terbesar dalam bidang kesehatan.

Baca Juga: Alhamdulilah! Hidup Tenang Tanpa Riba, Dapat Pinjaman Modal dari KUR BSI hingga Rp500 Juta, Ini Syaratnya

Menurutnya, puasa mampu membuat seseorang menjadi awet muda dan sehat secara fisik, mental, dan spiritual.

Berikut ini lima macam puasa sunnah yang disukai Allah SWT dan dicontohkan atau dilakukan Rasulullah SAW.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x