Pesan Imam Al-Ghazali: Pria Jangan Nikahi Wanita yang Mempunyai 6 Sifat Ini, Salah Satunya Membuat Kita Kolaps

- 20 Desember 2021, 06:46 WIB
Ilustrasi, wanita yang senang Berbelanja
Ilustrasi, wanita yang senang Berbelanja /Pixabay/

BAGIKAN BERITA - Seorang pria yang akan menikah wajib mengetahui sifat-sifat yang dimiliki wanita yang akan menjadi pasangannya, bahkan Imam Al-Ghazali berpesan, agar tidak menikahi wanita yang mempunyai 6 sifat seperti Al Annaanah, Al mannaanah, Al hannaanah, Alhaddaqah, Al barroqoh, dan Al syaddaqah, berikut penjelasannya.

Membangun sebuah rumah tangga bukan hanya sekedar bermain peran ataupun terikat antara dua individu (pria dan wanita). Namun sebuah pernikahan memiliki arti lebih mendalam daripada itu.

Ya, karena sebuah pernikahan menyangkut suatu kesatuan yang luhur dalam berumah tangga. Bukan hanya sekedar menyatukan dua hati, dua individu (pria dan wanita), akan tetapi tujuan pernikahan ini yang harus dipahami oleh semua orang.

Baca Juga: 6 Dosa Syirik yang Wajib Kita Ketahui, Salah Satunya Bisa Menghapus Seluruh Amal Saleh yang Telah Dikerjakan

Dalam agama Islam, apabila ingin menikahi perempuan ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan untuk menikahi perempuan.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Seorang perempuan dinikahi karena empat hal; karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya. Maka hendaklah kamu pilih perempuan yang taat agamanya (keIslamannya), niscaya kamu akan beruntung.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Bahkan Imam Al-Ghazali mengingatkan dengan nasehatnya, ada sifat-sifat perempuan yang harus diwaspadai agar tidak dipilih untuk dipersunting menjadi seorang istri bagi pria yang beriman, diantaranya;

Baca Juga: Wanita Haid Dilarang Berhubungan Intim dengan Pasanganya, Ini Alasan Menurut Medis dan Agama: Serem!

1.Al Annanah
Wanita yang suka mengeluh dan mengadu. Menikahi wanita tipe ini membuat suami sulit mencapai sakinah dalam keluarga. Sebab suka mengeluh tidak mendatangkan solusi apapun.

Ia justru bisa menguras emosi suami. Sedangkan mengadu sering merusak hubungan baik dengan sesama, baik kerabat maupun sahabat. Apalagi jika yang suka diadukan istri adalah orang tua suami.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x