Ini Fakta Menarik Al Qur'an yang Perlu Diketahui Umat Islam dan Menjadikan Kita Lebih Dekat pada Allah SWT

- 19 Januari 2022, 07:36 WIB
Fakta Menarik Al Qur'an yang Perlu Diketahui Umat Muslim
Fakta Menarik Al Qur'an yang Perlu Diketahui Umat Muslim /Pixabay.com/

BAGIKAN BERITA - Ini fakta menarik Al Quran yang perlu diketahui umat Islam. Ditinjau dari segi istilah, Al Qur'an berarti kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat, dan disampaikan dengan jalan mutawatir dari Allah SWT atas perantara malaikat jibril. Membaca Al Qur'an juga dinilai sebagai ibadah kepada Allah SWT.

Selain itu, Al Qur'an kerap disebut juga sebagai Al-Furqan, At-Tanzil, Adz-Dzikr, dan Al-Kitab. Allah SWT. telah memberikan sifat-sifat yang luhur kepada Al Qur'an, seperti nur (cahaya), hudan (petunjuk), rahmat, syifa' (obat), mau'izhah (nasihat), 'aziz (mulia), mubarak (yang diberkahi), basyir (pembawa khabar baik), nadzir (pembawa khabar buruk) dan sifat-sifat lain yang menunjukkan kebesaran dan kesuciannya.

Beberapa surat dalam Al Qur'an memiliki nama lebih dari satu? Sebut saja surat At-Taubah yang juga dinamakan surat Baraa-ah, surat Al-Israa’ yang juga dinamakan surat Bani Israil, surat Faathir yang juga dinamakan surat Al-Malaaikah, serta surat Al-Insaan yang juga dinamakan surat Ad-Dahr.

Baca Juga: 8 Aktivitas yang Mengharuskan Seseorang Mandi Junub atau Mandi Wajib, Nomor 5 Tidak Diketahui Banyak Orang

Keempat surat tersebut di atas adalah contoh surat Al Qur'an yang memiliki dua nama. Sementara itu, surat Fushshilat dan Al-Mu’min memiliki tiga nama. Surat Fushshilat juga dinamakan sebagai surat Haa dan Miim As-Sajdah.

Sedangkan surat Al-Mu’min juga dinamakan surat Ghafir dan Ath-Thaul. Jadi Anda tidak harus bingung karena nama-nama tersebut memang ditujukan untuk menyebut satu surat yang sama.

Selain itu di surat At-Taubah tidak diawali kalimat basmallah? Hal tersebut dikarenakan surat At-Taubah adalah pernyataan perang yang mengajak segenap kaum muslim untuk memerangi seluruh kaum musyrikin.

Baca Juga: Baca Al Ikhlas, Surat Pendek Mudah Dihafal dan Banyak Manfaat Salah Satunya Bisa Antarkan Kita ke Surga

Penggunaan kalimat basmallah dinilai tidak cocok di awal surat ini karena kalimat tersebut bernafaskan perdamaian dan cinta kasih Allah.

Dalam Al Qur'an ini juga Kata Muhammad disebutkan sebanyak 4 kali, Isa 25 kali, dan Musa 131 kali. Lebih banyaknya Nabi Isa disebut dalam Al Qur'an inilah yang kemudian dijadikan senjata oleh kaum Nasrani untuk tidak mengakui kenabian Muhammad SAW.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x