Cara Bayar Fidyah untuk Umat Islam Sebagai Pengganti Puasa di Bulan Ramadhan Disertai dengan Contohnya

- 16 Maret 2022, 11:54 WIB
Ilustrasi beras pengganti fidyah
Ilustrasi beras pengganti fidyah /Pixabay.com/

BAGIKAN BERITA - Inilah cara bayar fidyah untuk umat Islam sebagai pengganti puasa di bulan Ramadhan dan disertai dengan Contohnya.

Definisi fidyah adalah berarti mengganti atau menebus atau mengganti puasa wajib dengan membayarkan sejumlah harta benda kepada yang membutuhkan seperti fakir miskin dan anak yatim.

Sedangkan fidyah menurut pendapat ulama Hanafiyah, ibu hamil yang tidak puasa cukup diganti dengan mengqadha. Sementara, ulama Syafi‘iah, Malikiah, dan Hanabilah berpendapat bahwa jika ibu hamil tidak puasa karena takut kondisi fisiknya, maka dia menggantinya dengan qadha.

Baca Juga: Asep Warlan Yusuf Guru Besar Tata Negara Meninggal Dunia dan Akan Dimakamkan Bada Ashar di TPU Maleer V

Sedangkan, jika dia takut dengan kondisi janinnya, maka puasa diganti dengan qadha dan fidyah.

Sementara, Dr. Yusuf Al-Qardhawi berpendapat bagi wanita yang tidak memungkinkan lagi untuk mengqadha karena melahirkan dan menyusui secara berturu-turut sampai beberapa tahun, ia bisa mengganti qadhanya dengan fidyah.

Hal ini karena ada illat (alasan hukum) tidak ada kemampuan lagi untuk mengqadha semuanya. Selama masih bisa mengqadha dan memungkinkan, maka kewajiban mengqadha itu tetap ada.

Baca Juga: 6 Tips Mudah Bangun Tengah Malam untuk Sholat Tahajud yang Sering Dilakukan Rasulullah SAW

Ada ketentuan tentang siapa saja yang boleh tidak berpuasa. Hal ini tertuang dalam surat Al-Baqarah ayat 184.

”(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x