7 Peristiwa Istimewa di Hari Jumat yang Wajib Diketahui Setiap Muslim dan Tidak akan Terjadi pada Hari Biasa

- 8 April 2022, 16:30 WIB
Ilustrasi peristiwa penting di hari jumat yang wajib kita ketahui
Ilustrasi peristiwa penting di hari jumat yang wajib kita ketahui /Pixabay/

BAGIKAN BERITA - Inilah 7 peristiwa penting pada hari Jumat yang wajib diketahui oleh setiap orang Muslim dan tidak akan pernah terjadi pada hari-hari biasa.

7 peristiwa penting di hari Jumat tersebut wajib diketahui oleh umat Islam agar bisa menjadi pelajaran atau wawasan dan bisa juga untuk menambah amal sholeh.

Adapun 7 peristiwa penting di hari Jumat tersebut adalah diciptakannya Nabi Adam AS, Nabi Adam diturunkan ke bumi, Nabi Adam diampuni, hari Kiamat, waktu mustajab untuk berdoa, Seluruh makhluk diciptakan, langit, bumi, surga dan neraka menjadi sempurna, serta perintah sholat Jumat bagi kaum laki-laki, inilah penjelasannya.

Baca Juga: 10 Waktu Terbaik untuk Memanjatkan Doa pada Allah SWT, Salah Satunya di Bulan Ramadhan

Hari Jumat merupakan hari istimewa bagi umat Islam setiap pekannya. Bahkan, ada beberapa amalan yang dianjurkan saat hari Jumat tiba.

Dalam beberapa riwayat, hari Jumat memiliki keutamaan. Misalnya dibukanya pintu keberkahan dan kebaikan oleh Allah SWT, adanya waktu mustajab dari doa seorang mukmin, dan ada janji pahala berlipat ganda bagi muslim yang memperbanyak membaca Alquran, berdzikir serta shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Firman Allah : "Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan sholat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS. Al-Jumu'ah :9).

Baca Juga: 4 Aktivitas Ibadah yang Selalu Ditingkatkan Rasulullah SAW Saat Ramadhan Tiba

Di samping adanya kewajiban sholat Jumat dan mendengarkan khutbah Jumat pada waktu dzuhur, ternyata ada peristiwa penting yang terjadi pada hari Jumat. Peristiwa penting ini tentunya tidak terjadi pada hari-hari biasa. Apa saja itu? Berikut Bagikan Berita merangkumnya dari berbagai sumber:

1. Diciptakannya Nabi Adam AS
Nabi Adam adalah manusia pertama yang diciptakan Allah di bumi. Rasulullah SAW bersabda :

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x