5 Tips Praktis Menjaga Keimanan Kita Agar Tetap Stabil Saat Ditimpa Musibah

- 13 April 2022, 06:30 WIB
lustrasi gunung berapi meletus
lustrasi gunung berapi meletus /Pixabay.com/

BAGIKAN BERITA - Inilah 5 tips praktis menjaga keimanan kita agar tetap stabil saat ditimpa musibah menurut Al-Qur'an dan hadist.

5 tips praktis ini ditujukan kepada umat Islam yang ingin keimanannya terjaga meski mendapat cobaan saat ditimpa musibah.

Dengan mengikuti 5 tips praktis ini, diharapkan umat Islam bisa bersikap bijak dalam menghadapi cobaan tersebut, berikut pemaparannya.

Baca Juga: 2 Kegiatan di Masjid yang Tidak Diperbolehkan Rasulullah SAW dan Perlu Diketahui Umat Muslim

Pada saat ini, berbagai macam musibah sering melanda Indonesia, seperti gempa bumi, banjir, longsor, letusan gunung api, hingga pandemi COVID-19 yang entah kapan berakhirnya.

Secara umum, tren musibah meningkat selama satu dekade terakhir, didominasi oleh bencana banjir , tanah longsor dan pandemi Covid-19.

Meski demikian, musibah yang paling mematikan pada saat ini disebabkan oleh virus corona dan sampai tanggal 12 April 2022 telah memakan korban jiwa sebesar 155.717 orang.

Baca Juga: 7 Peristiwa Istimewa di Hari Jumat yang Wajib Diketahui Setiap Muslim dan Tidak akan Terjadi pada Hari Biasa

Jika kita perhatikan, sesungguhnya terdapat tiga macam arti bencana bagi seseorang. Pertama adalah bala, ini adalah ujian yang mengangkat derajat seseorang jika ia mampu melewatinya dengan baik, penuh kesadaran, keikhlasan, dan tawakal.

Bala memperkuat keimanan dan memperkokoh ketaatan seorang hamba. Bahkan, bala juga menjadi media peleburan dosa bagi hamba yang mampu menjalaninya dengan baik dan penuh kesabaran.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x