Bolehkah Anak-anak Makan Mie Instan? Begini Penjelasan Ahli Gizi IPB

- 29 April 2023, 16:09 WIB
Ilustrasi Mie Instan.
Ilustrasi Mie Instan. /Pexels/

BAGIKAN BERITA -- Mie instan kini tengah menjadi buah bibir masyarakat setelah Taiwan menarik semua produk Indomie Rasa Ayam Spesial. 

Penarikan Indomie oleh Taiwan karena Badan Pengawas Makanan negara tersebut menemukan kandungan Etilen Oksida (EtO) pada Indomie Rasa Ayam Spesial sebesar 0,187 mg/kg (ppm).

Metode analisis yang digunakan oleh Taiwan adalah penentuan 2-Chloro Ethanol (2-CE), yang hasil ujinya dikonversi sebagai EtO. 

Hal ini pun menjadi kekhawatiran bagi masyarakat akan keamanan manakanan yang dikonsumsi sehari-hari, terlebih untuk anak-anak. 

Baca Juga: Kumpulan Kode Promo Shopee dan Tokopedia Akhir Bulan, Dapatkan Diskon, Cashback hingga Gratis Ongkir Besar

Guru Besar Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) sekaligus Ketua Umum Pergizian Pangan Indonesia, Prof. Dr. Hardiansyah, M.S mengatakan anak usia satu tahun ke atas boleh mengonsumsi mi instan untuk mengenal beragam cita rasa.

"Kalau anak-anak tidak dikenalkan cita rasa, nanti dia jadi nggak mengenal cita rasa Indonesia,” kata Hardiansyah dikutip dari ANTARA di Jakarta, Sabtu 29 April 2023. 

Ia mengatakan industri mi Indonesia memiliki kemasan, rasa maupun kandungan gizi yang berbeda dibandingkan mi asal luar negeri, sehingga produk lokal lebih aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak, asal tidak berlebihan.

"Saya rasa industri mi Indonesia itu mengenalkan banyak cita rasa makanan lokal. Ada cita rasa ayam geprek, rendang dan lain-lain. Jadi selagi tidak berlebihan dan tidak monoton itu nggak apa-apa," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x