Perkembangan Terbaru, BNPB: 34 Orang Meninggal Akibat Gempa Majene Sulbar

- 15 Januari 2021, 16:45 WIB
Perkembangan Terbaru, BNPB: 34 Orang Meninggal Akibat Gempa Sulbar
Perkembangan Terbaru, BNPB: 34 Orang Meninggal Akibat Gempa Sulbar /ANTARA/HO.BMKG/

BAGIKAN BERITA-Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati mengatakan Pusat Pengendali Operasi BNPB mencatat hingga pukul 14.00 WIB, 34 orang meninggal akibat gempa di Majene Sulawesi Barat.

"Rinciannya, 26 orang meninggal di Kabupaten Mamuju dan delapan orang di Kabupaten Majene," kata Raditya melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Raditya mengatakan kurang lebih 15.000 orang mengungsi. Terdapat 10 titik pengungsian di Kabupaten Majene dan lima titik pengungsian di Kabupaten Mamuju.

Baca Juga: UPDATE Tragedi Sriwijaya Air SJ 182: KNKT Berhasil Download Data Kotak Hitam FDR

Titik pengungsian di Kabupaten Majene, antara lain di Desa Kota Tinggi, Desa Lombong, Desa Kayu Angin, Desa Petabean, Desa Deking, Desa Mekata, Desa Kabiraan, Desa Lakkading, Desa Lembang, dan Desa Limbua di Kecamatan Ulumanda, kemudian di Kecamatan Malunda serta Kecamatan Sendana.

Sedangkan titik pengungsian di Kabupaten Mamuju terdapat di Kecamatan Mamuju dan Kecamatan Simboro.

"Sampai saat ini jaringan listrik masih padam dan komunikasi seluler tidak stabil di dua kabupaten tersebut," tuturnya.

Baca Juga: Gempa Majene, Sulbar Butuh Bantuan Cepat, Banyak Korban Terhimpit Runtuhan Bangunan

Gempa dengan Magnitudo 6,2 terjadi pada Jumat dini hari pukul 01.28 WIB, enam kilometer Timur Laut Majene, Sulawesi Barat dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa terjadi pada koordinat 2,98 Lintang Selatan dan 118,94 Bujur Timur.

Diberitakan sebelumnya, Gempa bumi Magnitudo 6,2 di Majene, Sulawesi Barat, yang terjadi Jumat 15 Januari 2021 dini hari menyisakan duka yang teramat dalam, khususnya bagi warga yang menjadi korban.


Pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat dan pemerintah daerah di Sulawesi Barat untuk mewaspadai gempa susulan. 
 
Baca Juga: 8 Tewas dan Lebih dari Ratusan Orang Luka-luka Akibat Gempa Majene

"BPBD setempat terus melakukan upaya penanganan darurat dan memutakhirkan data dampak pasca gempa M6,2 yang terjadi pada Jumat 15 Januari  pukul 01.28 WIB atau 02.28 waktu setempat," papar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Dr. Raditya Jati dalam keterangannya.***

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x