Innalillahi, Gempa Bumi Tektonik Guncang Pangandaran 3,5 Skala Richter, Getarannya Dirasakan Nyata

- 4 Maret 2021, 21:33 WIB
Peta gempa bumi di Kabupaten Pangandaran pada Kamis, 4 Maret 2021*/
Peta gempa bumi di Kabupaten Pangandaran pada Kamis, 4 Maret 2021*/ /Instagram @bmkgbandung/

BAGIKAN BERITA - Gempa bumi tektonik menguncang wilayah Kabupaten Pangandaran dengan kekuatan 3,5 Skala Richter, terjadi pukul 20:11:08 WIB, pada Kamis 4 Maret 2021.

Dilansir Bagikanberita.com dari Instagram resmi @bmkgbandung, lokasi gempa bumi berada di 8.14 LS, 107.87 BT, dan pusat gempa berada di laut 84 km barat daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Gempa bumi di Kabupaten Pangandaran berada di kedalaman di 22 KM.

Baca Juga: Breaking News! Gempa Bumi Getarkan wilayah Sulawesi Tengah, 4.6 Skala Richter Warga Diminta Waspada

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BMKG Bandung (@bmkgbandung)

Jenis dan Mekanisme Gempabumi

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi Dangkal akibat aktivitas Zona Subduksi (Megathrust) di Selatan pulau Jawa dimana Lempeng Indo-Australia menyelusup menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

Dampak Gempabumi

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di Pangandaran, Pameungpeuk, Cikalong, Karangnunggal, Cijulang, dan Sindangsari II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), di Tasikmalaya II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Halaman:

Editor: Yusuf Ariyanto

Sumber: Instagram @movreview


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x