Indonesia Rawan Bencana, Presiden Jokowi Minta Bangunan dan Fasilitas Umum Harus Tahan Gempa

- 4 Maret 2021, 11:34 WIB
Presiden Jokowi sebut Indonesia berada di posisi ke-35 sebagai negara rawan bencana di dunia.
Presiden Jokowi sebut Indonesia berada di posisi ke-35 sebagai negara rawan bencana di dunia. /Instagram/@Jokowi

BAGIKAN BERITA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Rakornas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) 2021 didampingi kepala BNPB Doni Monardo dan Menko PMK Muhadjir Effendy, Rabu 3 Maret 2021.

Dalam Rakornas penanggulangan bencana 2021 kemarin, Presiden Jokowi mengingatkan agar dalam menanggurangi resiko bencana, aspek pencegahan dan mitigasi bencana harus diprioritaskan.

Presiden Jokowi memberikan empat arahan saat membuka Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2021. Guna menyiapakan dalam upaya pencegahan dan tanggap bencana alam yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Jadwal Acara Indosiar Kamis 4 Maret 2021, Saksikan Live: Semarak Indosiar 2021 Welcoming LIDA 2021

Dikutip Bagikanberita.com dari akun twitter resmi @BNPB_indonesia berikut di bawah ini 4 arahan Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi meminta pelaksanaan dilapangan harus memiliki standar bangunan yang tahan gempa pada fasilitas umum, sosial, dikawal serta diikuti dengan audit ketahanan bangunan agar sesuai dengan standar.

Langkah selanjutnya Jokowi juga menginginkan kebijakan yang terintegrasi dari hulu hingga ke hilir, guna menurunkan ego sektoral dan daerah dalam tanggap bencana.

Baca Juga: Jadwal Acara TV RCTI Hari Ini Kamis 4 Maret 2021: Malam Ini Sinetron Ikatan Cinta, Amanah Wali

"Kedua, kebijakan yang terintegrasi dari hulu sampai ke hilir, tidak ada yang namanya ego sektoral dan ego daerah dalam penanganan bencana. Semuanya saling mengisi, saling mengisi, menutupi," ujar Presiden Joko Widodo, Rabu 3 Maret 2021.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x