Tiga Partai Politik Bentuk Koalisi Indonesia Bersatu, Tak Alergi Usung Capres 2024 dari Luar Koalisi

- 5 Juni 2022, 07:12 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) berjabat tangan dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kanan) dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa (kiri) usai menggelar pertemuan di Jakarta.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) berjabat tangan dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kanan) dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa (kiri) usai menggelar pertemuan di Jakarta. /Antara/Indrianto Eko Suwarso/ANTARA FOTO

BAGIKAN BERITA - Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). 

Pembentukan koalisi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara ketiga ketua umum partai politik tersebut pada Sabtu, 4 Juni 2022 malam. 

Mereka adalah Ketua umum DPP Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa dan Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

Koalisi ini untuk mengikat komitmen dalam mengusung calon presiden 2024 mendatang. 

Baca Juga: Siap-siap Baper, Inilah Lirik Lagu Terhukum Rindu karya Andika Kangen Band X Putra Bikin Hati Meleleh

"Kami tandatangani tadi nota kesepakatan atau nota kesepahaman," kata Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dikutip Bagikanberita.com dari Antara News, Minggu 5 Juni 2022. 

Dengan penandatangan itu, masih membuka ruang untuk partai lain bergabung dalam koalisi.

"Deklarasi dilakukan nanti jelang tahap akhir," ujarnya.

Sementara itu ketua umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengataka koalisi itu dibangun untuk menghentikan politik identitas, diharapkan masyarakat tidak terbelah serta untuk kepentingan rakyat yang bersatu.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x