CEK FAKTA! Ruhut Sitompul Bagikan Cuitan Lagu Indonesia Raya dimainkan Metallica Ternyata Hoaks

- 17 Agustus 2022, 21:37 WIB
Benarkah Metallica membawakan lagu Indonesia Raya? Simak faktanya.
Benarkah Metallica membawakan lagu Indonesia Raya? Simak faktanya. /Twitter/@ruhutsitompul/

BAGIKAN BERITA - Dalam moment Hari raya Kemerdekaan Indonesia ke 77 Akun Twitter @ruhutsitompul tampak membagikan sebuah cuitan grup band metal Metallica yang menyanyikan lagu Indoensia Raya, sehari menjelang perayaan Hari Ulang Tahun RI ke-77.

Unggahan twitter @ruhutsitompul saat momen Kemerdekaan Indonesia itu disertai sebuah video sepanjang satu menit, yang menampilkan Grup band Metallica dengan dua orang pria berpakaian jingga dan bermain alat musik bass di tengah stadion.

Dalam keterangan video tersebut Ruhut menerangkan video yang sudah ditonton 24.300 kali, hingga Rabu 17 Agustus 2022, itu memperlihatkan penampilan grup musik asal Amerika Serikat, Metallica, yang sedang memainkan Lagu Indonesia Raya.

Baca Juga: Keren, Cha Eun Woo Siap Tampil di Drama Terbarunya A Good Day to Be a Dog, Catat Tanggalnya

"Bangga dong lagu Indonesia raya dimainkan grup dunia METALICA," demikian isi keterangan dalam unggahan Twitter pada 16 Agustus 2022.

Selain itu terdengar pula melodi khas lagu Kebangsaan Indonesia ciptaan Wage Rudolf Soepratman saat video tersebut diputar.

Setelah ditelusuri apakah benar Metallica memainkan Lagu Indonesia Raya dalam video tersebut?

Baca Juga: Daftar Peserta Dangdut Academy 5 yang Lolos Final Audisi Grup 4, Salah satunya Salwa Lebak

Ternyata setelah ditelusiri Video yang dibagikan akun politikus Ruhut Sitompul dengan 2,3 juta pengikut di Twitter itu ternyata hasil suntingan.

Konten berisi informasi menyesatkan tersebut tercatat sudah beredar luas sejak 2019.

Ternyata dalam video aslinya di YouTube, Metallica membawakan lagu kebangsaan AS, yaitu Star-Spangled Banner, di San Francisco pada 26 April 2019.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x