Gerhana Bulan Total Malam Ini Bisa Disaksikan Tanpa Alat Bantuan Khusus

- 8 November 2022, 17:07 WIB
Ilustrasi. Fenomena Gerhana Bulan Total hari ini Selasa, 8 November 2022 pukul berapa dan wilayah yang bisa amati lengkap dengan durasi waktu gerhana.
Ilustrasi. Fenomena Gerhana Bulan Total hari ini Selasa, 8 November 2022 pukul berapa dan wilayah yang bisa amati lengkap dengan durasi waktu gerhana. /Pixabay/Andreas

BAGIKAN BERITA - Hari ini Selasa 8 November 2022 mulai sore hingga malam hari akan terjadi peristiwa Gerhana Bulan Total di tanah air.

Menurut Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) gerhana bulan total pada 8 November 2022 aman disaksikan dengan mata telanjang.

Gerhana bulan total pada hari ini bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia kecuali Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Bengkulu.

Baca Juga: Jadwal Indosiar Selasa 8 November 2022, Live Dangdut Academy 5 Top 12 Grup 2 Show Tayang Malam Ini

Masyarakat bisa mengamati puncak gerhana bulan total pada pukul 18.00 WIB.

"Masyarakat dapat menyaksikan dengan mata kepala, tanpa alat khusus, tidak seperti gerhana matahari yang menggunakan filter," kata peneliti Pusat Riset Antariksa Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN Andi Pangerang saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Selasa.

Gerhana bulan total tersebut berlangsung dengan durasi total selama satu jam 24 menit 58 detik dan durasi umbral (sebagian+total) selama tiga jam 39 menit 50 detik.

Baca Juga: Hasil Dangdut Academy 5 Top 12 Grup 1 Result Show, Ini Dia Academia yang Tersenggol dan Lolos ke Top 8 Besar

Lebih lanjut Andi mengatakan gerhana bulan total berbeda dengan gerhana matahari total karena bulan hanya masuk ke dalam bayangan inti (umbra) bumi sementara cahaya bulan adalah pantulan dari cahaya matahari yang mengenai permukaan bulan.

Sehingga intensitas cahayanya jauh lebih kecil dibandingkan intensitas cahaya matahari.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x