BERITA HAJI: 5 Calon Jemaah Kloter 1 Embarkasi Gagal Berangkat dari Batam

- 24 Mei 2023, 07:28 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melepas keberangkatan jemaah haji Kloter pertama Embarkasi Jakarta Pondik Gede JKG-01 di Bandara Internasional Soekarno Hatta.
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melepas keberangkatan jemaah haji Kloter pertama Embarkasi Jakarta Pondik Gede JKG-01 di Bandara Internasional Soekarno Hatta. /Foto : Humas Kemenag/

BAGIKAN BERITA – Para jemaah haji asal Indonesia sudah mulai berangkat pada Selasa 23 Mei 2023. Pada kliter 1, jemaah Haji diberangkatkan dari beberapa embarkasi, salah satunya Embarkasi Hang Nadim Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Akan tetapi, ada lima calon jemaah haji yang gagal berangkat ke Tanah Suci, Arab Saudi dari kloter 1 Embarkasi Hang Nadim Batam.

“Ada yang hamil, ada yang tidak lolos kesehatan karena penyakitnya. Yang hamil karena usia hamil enam minggu maka tidak diizinkan untuk terbang dan suaminya juga batal berangkat karena mereka berdampingan,” kata Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam Mahbub Daryanto  dikutip dari Antara News.

Ia menjelaskan sebelumnya JCH telah melakukan pengecekan kesehatan akhir saat memasuki Asrama Haji Embarkasi Hang Nadim Batam.

Baca Juga: Kumpulan Kode Promo Gojek dan Grab, Rabu 24 Mei 2023, Ada Diskon 90 Persen di Akhir Bulan

“Memang yang batal berangkat ini kondisi fisik yang tidak memungkinkan. Di asrama adalah proses untuk diselesaikan selama 24 jam, kalau ada indikasi penyakit yang tidak boleh terbang, tidak diloloskan,” ujar dia.

Ia mengatakan bagi calon haji yang batal berangkat maka akan kembali ke kabupaten/kota asal. Namun, jika calon haji telah kembali sehat dan dinyatakan layak terbang, akan diberangkatkan bersama kloter selanjutnya.

“Ini ada jamaah yang dirujuk karena dia punya sesak napas, tingkat saturasinya rendah. Nanti kalau kembali normal saat sore hari, bisa diterbangkan melalui kloter selanjutnya,” kata dia.

Baca Juga: Dua Mantan Striker Persib Bandung Resmi Bergabung Bersama Persebaya Surabaya

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x