Bandara Juanda Berhasil Selamatkan Benih Lobster Selundupan Senilai Rp3,8 Miliar

- 18 Agustus 2020, 12:15 WIB
ilustrasi lobster dalam negeri
ilustrasi lobster dalam negeri /

BAGIKAN BERITA - Ribuan bibit lobster yang akan diselundupkan dari Bandara Juanda menuju Bandara Hang Nadim berhasih digagalkan Tim pengamanan Bandar Udara Internasional Juanda atau aviation security dan Satgaspam TNI AL,Senin, 17 Agustus 2020. 

Pelaku semula akan membawa sekitar 39 kantong plastik dalam gulungan busa yang berisi total 38.252 ekor bibit lobster dengan prediksi nilai sebesar Rp3,8 miliar menggunakan menggunakan pesawat Lion Air JT-971

"Penggagalan ini merupakan yang kedua kali selama Tahun 2020, dimana sebelumnya, pada Bulan Juli, tim pengamanan Bandara Juanda juga berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 32 kantong plastik berisi 3.915 bibit lobster," kata General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Heru Prasetyo dikutip Bagikan Berita dari Antara News. 

Baca Juga: Jadwal Acara SCTV Hari Ini Selasa 18 Agustus 2020, Tonton Samudra Cinta

Ia menjelaskan, pelaku masuk ke area lobi bandara dan melakukan verifikasi dokumen penerbangan pada pukul 05.58 WIB. Saat pelaku dan koper berwarna silver melawati area pemeriksaan keamanan pada pukul 06.06 WIB, tim petugas mendapati citra X-Ray yang mencurigakan pada isi koper, sehingga sesuai prosedur dilakukan pemeriksaan secara manual.

"Kecurigaan petugas terbukti, hasil pemeriksaan menunjukkan isi koper adalah bibit lobster yang dibungkus pakaian bekas tanpa disertai surat-surat resmi dari BKIPM," katanya.

Meskipun di suasana hari libur kemerdekaan, pengawasan dan pengamanan pihaknya mengaku tidak lengah atau berkurang. 

"Secara khusus kami telah menginstruksikan kepada petugas di lapangan untuk meningkatkan pelayanan, pengawasan dan pengamanan terutama saat musim libur seperti saat ini, termasuk peningkatan pengawasan lalu lintas ikan dan hasil perikanan melalui bandara bersama stakeholder terkait yaitu Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Surabaya I dan TNI AL agar tidak ada lagi penyelundupan hasil perikanan melalui bandara," katanya.

Baca Juga: 21 Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 2020 atau Hijriah 1422 H, Nomor 10 Paling Inspirasi

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah