7 Tips Melindungi Paru-paru dari Polusi Udara di Jakarta dan Sekitarnya

- 23 Agustus 2023, 15:20 WIB
Suasana langit di Jakarta, yang tertutup kabut polusi udara
Suasana langit di Jakarta, yang tertutup kabut polusi udara /instagram - pakindro/

BAGIKAN BERITA -- Udara di DKI Jakarta disebut sudah tidak sehat lagi karena tingkat pencemaran yang sangat tinggi.

Situs IQAir merilis Jakarta sebagai kota besar dengan udara paling berpolusi nomor dua di dunia sehingga dinyatakan udara Jakarta tidak sehat.

Situs IQAir merilis indeks kualitas udara Jakarta berada pada angka 166 dengan polutan utamanya ialah PM 2,5.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan Jakarta Prof. Dr. dr. Agus Dwi Susanto menyampaikan tujuh langkah yang perlu dijalankan untuk melindungi paru-paru saat tingkat polusi udara sedang tinggi.

Baca Juga: Ponpes Gontor Aceh Ludes Kebakaran, Begini Nasib 100 Santrinya

"Pertama dan yang paling penting adalah terus pantau kualitas udara secara real time melalui aplikasi-aplikasi yang sudah tersedia dan bisa diunduh atau dilihat melalui smartphone kita," kata pemimpin rumah sakit pemerintah yang menjadi rujukan penanganan penyakit paru-paru itu dalam acara diskusi yang diikuti via daring di Jakarta, Rabu 23 Agustus 2023.

Guru Besar Pulmonologi dan Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu menjelaskan, indeks kualitas udara ditandai dengan warna hijau (1-50) untuk kategori baik, biru (51-100) untuk kategori sedang, kuning (101-200) untuk kategori tidak sehat, oranye untuk kategori tidak sehat bagi kelompok sensitif, merah (201-300) untuk kategori sangat tidak sehat, dan hitam (301 ke atas) untuk kategori berbahaya.

"Yang perlu diperhatikan juga nilai PM 2,5-nya, karena angka-angka kualitas udara di AQ Air (aplikasi pantauan kualitas udara) itu hanya indeks, kecuali di aplikasi sudah tertera jelas nilai PM-nya," katanya merujuk pada partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2,5 mikron.

Baca Juga: Hasil Akhir Result Show D'Academy Asia 6 Top 6 Grup 1 Mini Concert Indosiar, dr. Iqhbal Hampir Tersenggol

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x