Alasan Indonesia Harus Dukung Kemerdekaan Palestina, Ternyata Bukan Soal Kemanusiaan

- 6 November 2023, 12:30 WIB
Aksi Bela Palestina di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (5/11/2023).
Aksi Bela Palestina di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (5/11/2023). /ANTARA/Ilham Kausar/am

BAGIKAN BERITA – Konflik Hamas dan Israel membuat rakyat Palestina menderita karena agresi militer yang menghancurkan Kota Gaza.

Hingga Minggu 5 November 2023, korban perang Hamas-Israel telah menewaskan lebh dari 9.500 warga sipil Palestina termasuk 3.500 anak-anak.

Oleh karena itu, desakan agar Israel menghentikan serangannya ke Jalur Gaza terus bermunculan termasuk dari Indonesia.

Indonesia menjadi negera yang selalu vokal dalam mendukung kemerdekaan Negara Palestina yang saat ini tengah mengalami agresi militer Israel.

Sebagai upaya untuk dukungan, pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada Palestina berupa bahan makanan, pakaian hingga obat-obatan.

Rakyat Indonesia juga menggelar aksi bela Palestina di berbagai daerah. Terbaru dan terbesar, Rakyat Indonesia menggelar “Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina” di Monas pada Minggu 5 November 2023.

Baca Juga: Jadwal MNCTV Senin 6 November 2023: Upin dan Ipin Bermula, Family 100, Take Me Out Indonesia

Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2005-2015 Din Syamsudin mengatakan, alasa Indonesia harus mendukung kemerdekaan Palestina karena Palestina yang pertama mengakui kemerdekaan Indonesia.

Rakyat Palestina, kata Din, adalah yang pertama mengakui kemerdekaan Indonesia bahkan satu tahun sebelum Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, yakni pada 6 September 1944.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x