Debat Pilpres Akan Tentukan Arah Pemilih Bimbang, Begini Penjelasan Pengamat Politik

- 27 Desember 2023, 15:00 WIB
Catat! Jadwal, Tema dan Stasiun TV Siarkan Debat Capres dan Cawapres
Catat! Jadwal, Tema dan Stasiun TV Siarkan Debat Capres dan Cawapres //KBRI/@prajurit militan/

BAGIKAN BERITA – Asrinaldi, seorang pengamat politik dari Universitas Andalas Padang, menganggap bahwa debat capres/cawapres dapat memiliki pengaruh signifikan terhadap arah pilihan para pemilih yang bimbang (undecided voters) dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

“Saya pikir para undecided voters masih menunggu, menurut saya ini tergantung pada penampilan capres/cawapres saat debat,” kata Asrinal.

Menurutnya, penampilan dari ketiga calon presiden selama debat akan lebih mempengaruhi arah pilihan masyarakat dibandingkan dengan penampilan calon wakil presiden.

“Wakil presiden sebenarnya melengkapi karena kekuasaannya berada di bawah presiden dan sesuai dengan tugas yang diberikan presiden. Tidak ada aturan yang mengatur bahwa wakil presiden harus mendapatkan kekuasaan seperti ini; semuanya tergantung pada presidennya. Jadi, orang sebenarnya melihat presidennya,” ungkap Asrinal dikutip dari Antara News, Rabu 27 Desember 2023.

Baca Juga: Sudah Sembuh, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan Kembali Bertugas di Istana Kepresidenan

Meskipun demikian, Asrinaldi menyatakan bahwa debat Pilpres 2024 juga dapat mempengaruhi pemilih yang keputusan politiknya masih dapat berubah dan cenderung menggunakan rasionalitas (swing voters).

“Kita perlu melihat dalam konteks dua hingga tiga debat mendatang atau dalam kampanye, bagaimana situasinya di luar debat ini. Atau isu-isu yang memengaruhi pilihan orang dalam jangka pendek akan muncul nanti dalam pemberitaan. Semua itu juga akan memengaruhi pilihan mereka,” tambahnya.

Sebelumnya, hasil survei Litbang Kompas pada hari Senin 11 Desember 2023 mencatat adanya pemilih yang masih bimbang (undecided voters). Jumlah pemilih yang belum menentukan pilihannya terhadap pasangan calon mencapai 28,7 persen.

Sebagai informasi tambahan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024 pada hari Senin, 13 November 2023. Setelah pengundian dan penetapan nomor urut pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x