Jangan Lupa Segera Cek Saldo Anda, BSU atau BLT Rp1 Juta Tahap II Sudah Ditransfer Pemerintah, Ini Cara Ceknya

- 24 Agustus 2021, 06:30 WIB
Jangan Lupa Segera Cek Saldo Anda, BSU atau BLT Rp1 Juta Tahap II Sudah Ditransfer Pemerintah, Ini Cara Ceknya
Jangan Lupa Segera Cek Saldo Anda, BSU atau BLT Rp1 Juta Tahap II Sudah Ditransfer Pemerintah, Ini Cara Ceknya /Pixabay/

BAGIKAN BERITA - Disaat PPKM masih diperpanjang oleh pemerintah, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menyalurkan Bantuan Subsidi Upah/gaji BSU atau BLT tahap II sebesar Rp1 juta kepada pekerja swasta atau buruh yang terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan. Ini cara ceknya.

Untuk tahap II yang baru dicairkan pemerintah dalam beberapa hari yang lalu ini, sekitar 1,25 juta pekerja swasta atau buruh telah mendapatkan BSU atau BLT sebesar Rp1 juta.

Informasi mengenai telah di transfernya BSU atau BLT tahap II ke rekening masing-masing pekerja atau buruh disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi kepada wartawan melalui pesan singkat, pada Senin 23 Agustus 2021.

Baca Juga: Jamal Mirdad Sudah 10 Hari Terbaring Lemah di Kamarnya, Saat Isu Perselingkuhan Anaknya Sedang Menghangat

"Laporan sudah mulai proses diterima kemarin ke rekening-rekening penerima BSU tahap ke II," ujarnya.

Untuk tahap I, pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan telah menyalurkan dana Bantuan Sosial Upah (BSU) sebesar Rp1 juta kepada 947.669 pekerja yang terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Sedangkan, 42.153 pekerja lainnya tidak lolos tidak lolos verifikasi atau tidak bisa menerima BSU atau BLT 2021 sebesar Rp1 juta karena tercatat sebagai penerima bantuan sosial yang lain.

Baca Juga: BSU Tahap II Rp1 Juta Telah Cair, Inilah 4 Kanal BPJAMSOSTEK untuk Mengetahui Cara Cek Penerima BLT

Sementara itu, sekitar 10.378 pekerja swasta atau buruh penerima BSU dinyatakan gagal transfer dikarenakan mereka berstatus dormant atau tidak valid. Untuk kasus ini, para pekerja swasta atau buruh tidak usah khawatir karena akan dibuatkan rekening secara kolektif.

Menurut Deputi Direktur Bidang Project Management Office BPJS Ketenagakerjaan Romie Erfianto dalam webinar TNP2K, pada Kamis 19 Agustus 2021 mengatakan bahwa sekitar 5 jutaan peserta ini tidak memiliki rekening Himbara, sehingga menghambat proses pencairan BSU kepada yang bersangkutan.

Halaman:

Editor: Ali Bakti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x